SPACE IKLAN

Anna Lutfhiah

Artikel

Demi Bayar Sampah Makanan, Indonesia Harus Gelontorkan 551 Triliun per Tahun

News - Semakin hari, sampah di Indonesia kian menimbun. Tak terkecuali sampah makanan. Ada kurang lebih 280 juta penduduk Indonesia yang setiap hari membuang sampah makanan. Ternyata, timbunan sampah makanan yang ada saat ini membuat Indonesia bisa kehilangan ekonomi hingga Rp 551 triliun per tahun.  Oleh karena itu, pengendalian food loss and waste menjadi salah satu strategi intervensi prioritas pemerintah untuk menekan jumlah timbunan sampah makanan dan mencegah kerugian tersebut.  Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa dalam acara Green Economy Expo 2024 di Jakarta Convention Center, Jakarta Pusat, Rabu (3/7/2024).  "Pengendalian susut dan sisa pangan atau food loss and waste menjadi salah satu strategi intervensi prioritas yang dapat menekan jumlah timbunan sampah hingga separuh yang ada saat ini dan mencegah risiko kehilangan ekonomi hingga Rp 551 triliun per tahun," jelas Suharso. Selain mencegah kerugian ekonomi, pemanfaatan sisa pangan yang masih layak konsumsi dinilai dapat memenuhi kebutuhan energi setidaknya 62% dari total penduduk yang kekurangan energi.  Tak hanya itu, pengelolaan susut dan sisa makanan dinilai dapat berkontribusi pada penurunan emisi hingga 1.702,9 Mt CO2-ek atau 7,3% dari total emisi gas rumah kaca Indonesia tahun 2019.  Sebab itu, pemerintah meluncurkan Peta Jalan Pengelolaan Susut dan Sisa Pangan Dalam Mendukung Pencapaian Ketahanan Pangan Menuju Indonesia Emas 2045.  Hal ini melihat perilaku produksi dan konsumsi masyarakat Indonesia yang tidak berkelanjutan.  Lebih lanjut, ke depan, pemerintah mendorong penerapan ekonomi sirkular yakni model ekonomi yang bertujuan untuk mengurangi penggunaan sumber daya, memperpanjang usia pakai suatu produk, serta mengembalikan sisa produksi dan konsumsi ke dalam proses produksi.  "Ekonomi sirkular sebagai salah satu strategi untuk mewujudkan ekonomi hijau. Ekonomi sirkular mendorong penerapan refuse, rethink, reduce, reuse, repair, refurbish, remanufacture, repurpose, recycle dan recover yang mencakup intervensi di seluruh value change," beber Suharso.  Menurutnya, penerapan ekonomi sirkular diprioritaskan pada lima sektor yakni pangan (makanan dan minuman), elektronik, retail (kemasan plastik), konstruksi dan tekstil.  Penerapan ekonomi sirkular tidak hanya akan memberikan manfaat ekonomi, melainkan juga sosial dan lingkungan.  "Manfaat antara lain peningkatan PDB hingga Rp 638 triliun (pada 2030), penciptaan 4,4 juta lapangan kerja hijau dengan 75% merupakan tenaga kerja perempuan, pengurangan timbunan limbah hingga 52% dibandingkan business as usual pada 2030 dan kontribusi pada penurunan emisi gas rumah kaca sebesar 126 juta ton CO2," tutup Suharso.   (Frq/Tra)

News

image-berita
Film A Quiet Place: Day One Tuai Pujian oleh Kritikus Film

Entertainment - Sobat Youtz, kamu pasti tahu kan film fenomenal satu ini, A Quiet Place. Yup! Di tahun 2024 ini, A Quiet Place baru saja merilis sekuel terbarunya dengan judul “A Quiet Place: Day One”. Mungkin ada beberapa Sobat yang belum pernah nonton film ini. Jadi Sobat Youtz, A Quiet Place: Day One memperlihatkan bagaimana kondisi Bumi pada hari-hari awal invasi alien yang menyerang hanya dengan menggunakan indra pendengaran, yang berlatar di kota New York.  Day One berkisah tentang Sam, perempuan penderita kanker yang terjebak di tengah kota saat invasi alien. Di tengah kekacauan tersebut, Sam bertemu dengan Eric dan mereka bekerja sama untuk tetap hidup. Dari judulnya sudah jelas bahwa Day One ingin fokus memperlihatkan bagaimana kekacauan Bumi selama hari-hari awal invasi alien yang terjadi di semesta A Quiet Place.  Namun jika kita ingat-ingat lagi, sebenarnya A Quiet Place Part II sudah menampilkan adegan flashback tentang hari pertama invasi alien berdasarkan perspektifnya keluarga Abbott.  Nah, yang membedakan Day One dengan adegan flashback A Quiet Place Part II adalah Day One diceritakan dari perspektif karakter yang berbeda.  Nah, sebelum sobat youtz nonton sekuel terbaru film ini, ada baiknya nonton sekuel-sekuel terdahulunya. Baru beberapa hari dirilis, dilansir dari CNN Indonesia, film A Quiet Place: Day One mendapat pujian banyak kritikus setelah tayang di layar lebar secara global.  Film itu dinilai berhasil melanjutkan waralaba dengan cara yang segar meski terdapat sejumlah catatan.Ulasan positif untuk prekuel A Quiet Place (2018) itu terbukti dalam laman aggregator Rotten Tomatoes. Film itupun mendapatkan skor kritikus yang impresif hingga 85 persen dari 115 ulasan per Jumat (28/6). Skor itu cukup untuk membuat A Quiet Place: Day One mendapat predikat tomat segar.  Meski begitu, capaian Day One masih jauh dari dua film terdahulu. A Quiet Place (2018) menorehkan skor kritik impresif dengan 96 persen dari 385 ulasan, sementara A Quiet Place Part II (2020) sukses dengan skor 91 persen dari 369 ulasan kritikus film. Sebagian besar ulasan yang ditulis kritikus memuji aksi menawan Lupita Nyong'o sebagai pemeran utama. Lupita Nyong'o dinilai sukses memerankan karakter Sam dengan solid sejak awal hingga akhir cerita.  Nick Schager, kritikus film The Daily Beast, menilai kesan mengerikan A Quiet Place: Day One tidak lepas dari penampilan intens Lupita Nyong'o.  Kritikus NPR, Aisha Harris, bahkan mengakui waralaba A Quiet Place dapat kian terangkat berkat penampilan apik Lupita Nyong'o. Nah, Sobat Youtz kamu sendiri udah pernah nonton filmnya belum?(Ann/Frq)

Entertainment

image-berita
Garuda Muda Kalah 3-5 dari Australia, Gagal ke Final Piala AFF U-16

Olahraga - Timnas muda Indonesia harus mengakui keunggulan Australia pada laga semifinal Piala AFF U-16 2024.  Garuda Muda kalah dengan skor 3-5 di Stadion Manahan, Solo, Senin (1/7/2024) malam WIB. Skuad garuda muda sudah menekan dari awal mulai peluit di bunyikan.  Tak disangka pada menit ke-4, Muhamad Zahaby Gholy mencetak gol lewat tandukan dari sudut sempit meneruskan umpan silang panjang Mathew Baker. Australia tak ingin meratapi gol yang mengejutkan di awal pertandingan.  Akhirnya gol untuk Australia tercipta pada menit ke-24 lewat tendangan bebas Amlani Tatu.  Tendangan bebasnya dari depan kotak penalti berhasil melewati pagar manusia dan menembus gawang M Nur Ichsan. Tak lama kemudian, menit ke-28, tim tuan rumah harus kehilangan Raihan Apriansyah.  Dia dikeluarkan dari lapangan setelah mendapat kartu kuning kedua usai pelanggaran keras yang dilakukannya terhadap Amlani Tatu. Tekanan Australia akhirnya membuahkan hasil.  Kegagalan Muhammad Nur Ichsan menangkap bola silang dimaksimalkan Quin Macnicol yang menyambar si kulit bundar untuk merobek gawang Indonesia di menit ke-45+3.  Namun, Indonesia bisa menyamakan skor tidak lama berselang. Muhamad Zahaby Gholy mencetak gol keduanya pada menit ke-45+5 melalui tendangan voli. Babak pertama berakhir dengan skor 2-2 sama. Pada babak kedua, timnas garuda muda dipaksa untuk bermain 10 orang sehingga Amlani Tatu kembali mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-66.  Umpan panjang disundul Mathew Ryan Baker.  Tak lama kemudian, gawang Indonesia kebobolan lagi lewat sundulan Didulica.  Pada injury time, Josh Holong mencetak gol via sundulan sambil membelakangi gawang setelah menerima tendangan bebas Fandi Ahmad.   Usai itu, tak ada lagi gol yang tercipta, laga berakhir dengan skor 3-5 untuk kemenangan Australia.  Meskipun kalah, Garuda Muda menunjukkan perlawanan yang sengit.  Bermain dengan 10 pemain, mereka sempat menyamakan kedudukan dan memberikan tekanan kepada Australia. Hasil ini membuat Indonesia belum berhasil mempertahankan gelar, sedangkan Australia akan melawan Thailand pada final Piala AFF U16 2024.   (Alf/Tcn)

Sport

image-berita
Melalui Pernyataan Publik, Hacker Peretas PDN Minta Maaf dan Akan Rilis Kunci Enkripsi

Foto: Halaman utama situs dark web berisi pernyataan kelompok hacker Brain Chiper pada  2/7/2024 (KOMPAS.com)Teknologi - Kelompok hacker Brain Chiper yang menyerang Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2 di Surabaya akhirnya membuat pernyataan publik yang diunggah dalam situs dark web bernama Ransomware Live.  Situs dark web ini tidak bisa diakses menggunakan browser biasa, seperti Chrome, Mozilla Firefox, Edge, Safari, dan sebagainya. Melainkan sebuah browser khusus bernama TOR (The Onion Router) seperti yang dilansir oleh KompasTekno.  Dalam pernyataan tersebut, kelompok hacker Brain Chiper akan memberikan rilis kunci enkripsi secara gratis pada Rabu (3/7/2024). Kunci enkripsi yang diberikan dapat membuka akses data pemerintah Indonesia yang dikunci sejak dua minggu lalu.  Mereka menjelaskan bahwa serangan yang mereka lakukan tidak bermuatan politis, namun hanya sebuah pentest (penetration testing) dengan pembayaran.  Kemudian mereka juga meminta maaf kepada warga Indonesia atas penyerangan yang dilakukan sehingga berdampak pada semua orang. Permintaan maaf ini merupakan keputusan yang mereka ambil secara sadar dan independen. Seperti yang telah diketahui bahwa serangan ini mengakibatkan gangguan pelayanan pada 210 instansi pemerintah, baik pusat maupun daerah. Di mana gangguan yang paling terdampak terjadi pada pelayanan keimigrasian karena layanan publik tersebut adalah salah satu yang paling sering diakses masyarakat.  Mereka juga berharap atas serangan yang telah dilakukan akan membuat pemerintah paham dan lebih memperhatikan akan betapa pentingnya membiayai industri keamanan siber dan merekrut spesialis yang berkualitas.  Pernyataan mereka kemudian diakhiri dengan sumbangan secara sukarela yang dapat dilakukan oleh pemerintah kepada mereka. Selain itu, juga terkait dengan penegasan mereka yang akan menepati janji untuk memberikan kunci enkripsi pada Rabu (3/7/2024). Sobat Youtz,  seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa hingga saat ini Indonesia kekurangan SDM yang memiliki spesialisasi dalam bidang keamanan siber.  Peretasan dalam kasus ini menjadi salah satu dari serangkaian kasus peretasan terhadap data nasional maupun unit pemerintahan yang pernah terjadi di Indonesia. (hmmtl/pndh)

Tech

image-berita
Pemeran Aris di Film Ipar Adalah Maut, Deva Mahenra Istrinya Anak Tunggal

Entertainment - Aktor dalam Film Ipar Adalah Maut, Deva Mahenra tak merasa takut dengan karakter Aris yang diperankannya dalam film yang menggugah jiwa tersebut. Hal ini dikarenakan istri Deva Mahenra, aktris Mikha Tambayong meruapakan anak tunggal dalam keluarga. "Takut dibawa pulang, enggak. Istri gue anak tunggal," kata Deva dikutip dari YouTube HAS Creative, Selasa (02/07/2024). "Jadi tidak punya ipar. Mau apa?" Celetuknya sambil ketawa. Selain itu, di posisinya, Deva memiliki dua saudara kandung juga perempuan. Sehingga tidak ada yang perlu ditakutkan dari film tersebut. "Ada (adik), tapi cewek. Gue punya adek cewek, kakak cewek, tenteram," ucap Deva Mahendra.  Namun Deva tak bisa membayangkan seandainya Mikha memiliki saudara perempuan.  Menurutnya, andai Mikha memiliki saudara perempuan, mengajak nonton film Ipar Adalah Maut akan menjadi hal yang canggung untuk mereka. "Lo bayangin, kita lagi weekend mau ajakin nonton ini gimana?" tutur Deva. Sebagaimana diketahui, film Ipar Adalah Maut merupakan film garapan sutradara Hanung Bramantyo.  Film ini mengangkat cerita yang sebelumnya sempat viral di media sosial dan sudah dibukukan karya Eliza Sifaa. Ceritanya sendiri diambil dari kisah nyata yang dikemas ulang oleh Eliza Sifaa dengan merahasiakan tokoh aslinya. Ipar Adalah Maut bercerita tentang Aris (Deva Mahenra) dan Nisya (Michelle Ziudith) hidup bahagia sebagai keluarga muda dengan dikaruniai seorang anak perempuan. Ujian datang ketika ibu meminta Aris dan Nisya menerima adiknya, Rani (Davina Karamoy), tinggal di rumah bersama mereka. Film dengan Konflik yang awal mulanya datang saat Aris berselingkuh dengan adik iparnya sendiri atau Rani, berhasil ditonton lebih dari 2 juta orang.(Frq/Tra)

Entertainment

image-berita
Ini Penyebab Pebulu Tangkis China Meninggal Dunia saat Bertanding

Kesehatan - Sobat Youtz, di akhir bulan Juni 2024 lalu, atlet badminton asal China, Zhang Zhi Jie menghembuskan nafas terakhirnya saat mengikuti kompetisi Badminton Asia Junior Championship 2024 yang diselenggarakan di GOR Amongrogo, Yogyakarta.  Zhang Zhi Jie dinyatakan meninggal pada pukul 20.23 WIB setelah sebelumnya mengalami kejang-kejang dan diikuti dengan tak sadarkan diri saat melawan Kazuma Kawamo yang berasal dari Jepang saat babak penyisihan grup D.  Kejadian ini terjadi saat skor masih imbang 11-11 di babak pertama. Saat ingin menerima servis dari Kazuma Kawamo, Zhang Zhi Jie tiba-tiba terjatuh dan mengalami kejang.  Kenapa hal ini bisa terjadi ya, Sobat Youtz?  Dilansir dari berbagai sumber, Sport Medicine Doctor M. Ikhwan Zein memberikan penjelasan mengenai serangan jantung saat berolahraga melalui laman Instagram resminya.  Menurut dia, serangan jantung bisa mengenalinya dari empat gejala:  pertama, mendadak jatuh tanpa kontak atau benturan kedua, hilang kesadaran ketiga, pernapasan yang abnormal empat, adanya kejang dalam ritme rendah. “Jika anda menemukan dua di antaranya, yaitu tiba-tiba terjatuh tanpa adanya kontak dan hilangnya respon atau kesadaran, maka anda bisa menduga atlet tersebut sedang mengalami serangan jantung” jelasnya, Selasa (02/07/2024).  Sebagaimana diketahui, serangan jantung adalah kondisi medis serius yang terjadi ketika pasokan darah ke jantung terhambat atau terhenti sama sekali.  Dalam dunia kedokteran, serangan jantung disebut infark miokard. Orang yang mengalaminya membutuhkan perawatan di rumah sakit jantung.  Serangan jantung bisa berakibat fatal, tapi ada juga serangan yang ringan. Namun bukan berarti serangan ringan tak membutuhkan pemeriksaan.  Terlepas dari intensitasnya, serangan itu bisa merusak otot jantung karena kurangnya suplai oksigen. Terlebih bila serangan terjadi berulang kali walau ringan. Oksigen dan nutrisi diterima jantung bersama dengan darah.  Pasokan darah ke jantung mengalami gangguan ketika ada masalah pada pembuluh darah atau arteri koroner.  Arteri bisa menjadi sempit atau mengeras karena akumulasi plak yang terdiri atas lemak, kolesterol, dan zat lain di dalamnya. Ketika plak itu bertumpuk, aliran darah dalam arteri menjadi terganggu, bahkan tersumbat sepenuhnya.  Sumbatan bisa juga terjadi karena gumpalan darah yang muncul akibat pecahnya plak dalam arteri.  Serangan jantung sendiri bisa terjadi kapan saja, bahkan ketika seseorang sedang berolahraga.  Saat berolahraga, seseorang pasti akan kehilangan banyak cairan sehingga menyebabkan dehidrasi dan gangguan elektrolit.  Jika terjadi gangguan elektrolit, akan terjadi gangguan irama jantung dan dapat menyebabkan serangan jantung. Gangguan irama jantung adalah kondisi ritme jantung tidak teratur.  Nah Sobat Youtz, jadi itu dia penyebab meninggalnya atlet badminton asal China bernama Zhang Zhi Jie. jaga kesehatan ya Sobat Youtz!      (Ann/Frq)   Sumber:  https://primayahospital.com/jantung/serangan-jantung-saat-olahraga/ https://www.umm.ac.id/id/arsip-koran/klikmuco/olahraga-ternyata-bisa-sebabkan-serangan-jantung-begini-penjelasan-dokter.html#:~:text=Saat%20berolahraga%2C%20seseorang%20pasti%20akan,kondisi%20ritme%20jantung%20tidak%20teratur. https://sport.detik.com/raket/d-7417076/apa-penyebab-zhang-zhi-jie-meninggal-ini-kata-asosiasi-bulutangkis-china https://mediaindonesia.com/humaniora/681885/atlet-china-zhang-zhi-jie-meninggal-dunia-akibat-serangan-jantung-mengapa-bisa-terjadi

Health

image-berita
Pebulutangkis China Zhang Zhi Jie Meninggal Dunia Saat Bertanding

Olahraga - Kabar duka datang menyelimuti dari dunia olahraga bulutangkis. Pebulu tangkis tunggal putra China Zhang Zhi Jie meninggal dunia setelah pingsan di lapangan saat pertandingan BNI Badminton Asia Junior Championships 2024, Minggu malam (30/6/2024).Walaupun sempat mendapatkan perawatan di rumah sakit. Akan tetapi, Zhi Jie tidak tertolong dan dinyatakan meninggal dunia pada pukul 23.20 WIB. Sampai saat ini penyebab kematian belum diketahui.Hal tersebut diumumkan oleh Badminton Asia dan Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) dalam pernyataan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin. Kronologinya, Zhang Zhi Jie sedang menjalani laga melawan Jepang, berhadapan dengan Kazuma Kawamo pada babak penyisihan Grup D di GOR Amongrogo, Yogyakarta. Kemudian , Ia dinyatakan meninggal Minggu (30/6/2024) pukul 23.20 WIB. "Zhang Zhi Jie dari Tiongkok, pemain tunggal, pingsan di lapangan saat pertandingan malam hari lalu dilarikan ke rumah sakit dan meninggal dunia pada pukul 23.20 waktu setempat kemarin," demikian bunyi pernyataan bersama Badminton Asia dan PBSI. "Zhi Jie sedang memainkan pertandingan penyisihan grup melawan Jepang ketika dia pingsan dan dirawat oleh dokter turnamen dan tim medis. Dia dibawa dengan ambulans siaga dalam waktu kurang dari dua menit untuk dilarikan ke rumah sakit.""Badminton Asia, PBSI dan Panitia Penyelenggara turut berduka cita dan menyampaikan belasungkawa sedalam-dalamnya kepada orang tua Zhang, keluarga dan Asosiasi Bulu Tangkis China (CBA).Melansir kompas.com, Zhang Zhi Jie datang ke Indonesia sebagai anggota skuad beregu China. Tim China tercatat berhasil melenggang ke perempat final Badminton Asia Junior Championships 2024.Badminton Asia Junior Championships merupakan ajang bergengsi bagi pebulu tangkis U19 di Asia. Tahun ini, ajang tersebut digelar di Yogyakarta mulai 28 Juni hingga 7 Juli mendatang.Mengutip detikSport dari situs pemerintah daerah Zhejiang, daerah asal Zhang Zhi Jie, putra daerahnya itu merupakan pemain berbakat. Bahkan, ia disebut bisa meneruskan tradisi China melahirkan tunggal putra berprestasi. Ia punya capaian mentereng di level junior. Ia pernah menjadi juara tunggal putra Grup B kejuaraan remaja nasional pada 2023. Terbaru, Zhang Zhi Jie juga menjadi juara di kejuaraan dunia junior di Belanda pada tahun ini.Tetapi takdir berkata lain. Ia meninggal saat berlaga di Yogyakarta. (Alf/Tcn)

Sport

image-berita
Ketua KPK Hilang Begitu Saja, Ada Apa?

News - Dalam rapat kerja Komisi III DPR RI dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), pejabat negara yang terlibat di dalamnya ramai memperbincangkan Pimpinan Komisi anti rasuah tersebut.Tak hanya itu, sorotan tersebut juga bermuara pada persoalan KPK yang kian berkecamuk akhir-akhir ini. Terkait hal tersebut, Anggota Komisi III DPR RI, Benny K Harman, mempertanyaan apa yang terjadi sebenarnya di KPK. Tak hanya itu, anggota DPR dari Partai Demokrat itu juga mempertanyakan bagaimana nasib Ketua KPK terdahulu, Firli Bahuri, yang disebutnya justru menghilang begitu saja. Di hadapan sejumlah petinggi KPK, di Gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (1/7/2024), Benny juga meminta jajaran KPK, salah satunya Ketua KPK sementara Nawawi Pomolango, menjelaskan hal itu. "Tolong jelaskan ada apa dengan Ketua KPK? Jelaskan itu. Jelaskan kepada publik, bukan kepada kami, kepada publik supaya publik tahu." "Jangan didiamkan, ada apa? Publik nggak tahu ada apa di KPK ini. Ketua KPK-nya menghilang, masa menghilang begitu saja," tanya Benny dalam rapat. Sebelumnya, Ketua KPK sebelumnya Firli Bahuri mendapat sorotan terhadap dugaan kasus mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL).Lebih lanjut, Benny juga menyinggung pimpinan KPK yang melaporkan anggota dewan pengawas (Dewas). Benny lantas mempertanyakan apakah KPK di masa sekarang serapuh ini. "Kedua, ada anggota pimpinan KPK ya, melapor anggota Dewas, ya. Ada di sini pimpinan KPK-nya, ada apa itu? Begitu rapuh kah KPK ini?," ujar Benny.(Frq/Tra)

News

image-berita
Begini Cara Merawat Baterai Motor Listrik

Otomotif - Motor listrik merupakan inovasi terbaru yang ramah lingkungan dan hemat energi. Namun, sama seperti kendaraan lainnya, motor listrik membutuhkan perawatan ekstra, terutama pada baterainya. Pasalnya, cara merawat baterai motor listrik yang benar bisa loh memperpanjang usia pakai dari kendaraan. Baterai menjadi komponen paling penting pada sebuah motor listrik agar menjaga kinerja yang optimal. Baterai merupakan sumber utama daya atau penggerak kendaraan apapun termasuk motor listrik.Dikutip dari kontan.co,id ada beberapa jenis baterai yang dapat dijumpai pada motor listrik di Indonesia. “Umumnya, ada dua jenis baterai yang digunakan, yaitu sealed lead acid (SLA) dan baterai lithium. Kedua jenis baterai tersebut dipakai di tipe-tipe motor listrik yang dirilis United E-Motor,” terang Andry selaku General Manager PT Terang Dunia Internusa, dalam rilis yang diterima Kontan.co.id, Kamis (7/12).Nah, dari kedua tipe baterai tersebut kita harus menjaga kendaraan kita agar tetap stabil dalam performanya. Berikut tips dan trik bagaimana caranya kita merawat baterai motor listrik agar awet:Hindari mengisi daya saat kondisi panasKondisi panas yang berlebihan dapat merusak komponen di dalam baterai. Oleh karena itu, disarankan untuk menunggunya beberapa saat agar kondisi temperatur turun dan tidak panas. Panas juga dapat memicunya kebakaran apabila ada konsleting listrik di dalamnya.Hindari mengisi ulang baterai di bawah 20%Sebaiknya Anda menghindari mengisi ulang daya baterai dalam kondisi yang sangat rendah dengan indikator di bawah 20 persen. Hal ini dapat merusak komponen dan dapat mengacaukan kinerja baterai.Gunakan pengisi daya berkualitas tinggi Gunakan pengisi daya yang sesuai dengan spesifikasi baterai motor Anda. Hindari menggunakan pengisi daya abal-abal yang dapat merusak baterai. Gunakan selalu charger dan kabel bawaan atau beli komponen orisinal agar baterai motor listrik Anda tetap terjaga.Jangan mengisi baterai terlalu lamaMengisi daya dalam kondisi terlalu penuh atau terlalu lama setiap saat ternyata tidak diperkenankan, karena hal ini membuat kerja lithium menjadi tidak optimal yaitu banyaknya daya yang masuk berlebihan padahal daya di dalamnya sudah terindikasi cukup.Hindari tempat panasHindari pemanasan berlebih dengan tidak memarkir kendaraan di bawah sinar matahari langsung terlalu lama. Jangan biarkan baterai terlalu panas; perhatikan suhu baterai selama penggunaan.(Alf/Tcn)

Automotive

image-berita
Berbagi Tips Public Speaking Bersama Public Speaker Ternama Raden Hanif

Inspirasi - Sobat Youtz, baru-baru ini, kita menyaksikan momen inspiratif dengan kehadiran seorang tokoh yang sudah tidak asing lagi bagi banyak orang yaitu Raden Hanif, atau yang lebih dikenal dengan sapaan akrabnya.  Ka Raden bukanlah sekadar seorang public speaker ternama, namun juga seorang influencer dan content creator yang sedang meniti karier gemilang di dunia komunikasi dan public speaking. Saat ini, Raden sedang menjalani studi S2/Magister Ilmu Komunikasi di Universitas Padjajaran, dengan fokus pada bidang yang sama yang telah menghantarkannya ke puncak kesuksesan.  Dalam sebuah sesi terbaru, Ka Raden berbagi pemikiran mendalam dan pengalamannya tentang betapa pentingnya keterampilan public speaking di berbagai ranah pekerjaan. Menurutnya, kemampuan untuk berbicara di depan umum dan berkomunikasi dengan baik adalah kunci utama keberhasilan, bahkan bagi para profesional seperti sales marketing.  Ka Raden kuat dalam keyakinannya bahwa setiap individu memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi mahir dalam public speaking, dengan syarat utama adalah berani mencoba dan bersedia belajar dari setiap kesalahan yang muncul di sepanjang perjalanan. Dalam sesi yang diselenggarakan, Ka Raden tidak hanya membagikan kisah inspiratifnya, tetapi juga dengan jujur mengakui berbagai tantangan yang dihadapinya dalam menguasai public speaking.  Mulai dari kesulitan mengingat materi hingga kecenderungan berbicara terlalu cepat. Namun, dia memberikan dorongan kuat kepada pemula untuk terus berlatih dan menghadapi kendala-kendala tersebut dengan semangat yang tak kenal lelah. Salah satu poin krusial yang disorot oleh Ka Raden adalah pentingnya memahami audiens.  Menurutnya, pemilihan kata, intonasi, dan gaya penyampaian harus disesuaikan dengan karakteristik audiens agar pesan yang disampaikan bisa lebih efektif tersampaikan.  Dia juga memberikan tips praktis dalam menciptakan konten-konten media sosial yang menarik perhatian, dengan menekankan pentingnya menarik perhatian dalam tiga detik pertama. Dalam akhir sesi, Raden Hanif mengajak penonton untuk terus menggali potensi diri dan meningkatkan kualitas komunikasi mereka.  Dengan semangat "Stay hungry stay foolish", dia menekankan bahwa proses pembelajaran adalah sesuatu yang tidak berujung, dan setiap individu harus selalu merasa haus akan pengetahuan baru serta bersedia untuk keluar dari zona nyaman. Dengan pengalaman dan inspirasi yang dimilikinya, Raden Hanif telah menjadi teladan yang memimpin banyak orang menuju kesuksesan dalam dunia public speaking dan konten kreatif. Kehadirannya bukan hanya memberikan inspirasi, tetapi juga mendorong generasi muda untuk terus berani mencoba dan mengembangkan potensi mereka dalam bidang yang mereka geluti. Dengan demikian, Ka Raden telah membuktikan bahwa dengan kerja keras dan tekad yang kuat, impian apa pun bisa tercapai.Nrz/Shz

Inspirational

image-berita