Ini Penyebab Pebulu Tangkis China Meninggal Dunia saat Bertanding

Selasa, 2 Juli 2024

Penulis: Anna Lutfhiah

image-berita
Foto: Pahami

Kesehatan - Sobat Youtz, di akhir bulan Juni 2024 lalu, atlet badminton asal China, Zhang Zhi Jie menghembuskan nafas terakhirnya saat mengikuti kompetisi Badminton Asia Junior Championship 2024 yang diselenggarakan di GOR Amongrogo, Yogyakarta. 

Zhang Zhi Jie dinyatakan meninggal pada pukul 20.23 WIB setelah sebelumnya mengalami kejang-kejang dan diikuti dengan tak sadarkan diri saat melawan Kazuma Kawamo yang berasal dari Jepang saat babak penyisihan grup D. 

Kejadian ini terjadi saat skor masih imbang 11-11 di babak pertama. Saat ingin menerima servis dari Kazuma Kawamo, Zhang Zhi Jie tiba-tiba terjatuh dan mengalami kejang. 

Kenapa hal ini bisa terjadi ya, Sobat Youtz? 

Dilansir dari berbagai sumber, Sport Medicine Doctor M. Ikhwan Zein memberikan penjelasan mengenai serangan jantung saat berolahraga melalui laman Instagram resminya. 

Menurut dia, serangan jantung bisa mengenalinya dari empat gejala:  pertama, mendadak jatuh tanpa kontak atau benturan kedua, hilang kesadaran ketiga, pernapasan yang abnormal empat, adanya kejang dalam ritme rendah.

“Jika anda menemukan dua di antaranya, yaitu tiba-tiba terjatuh tanpa adanya kontak dan hilangnya respon atau kesadaran, maka anda bisa menduga atlet tersebut sedang mengalami serangan jantung” jelasnya, Selasa (02/07/2024). 

Sebagaimana diketahui, serangan jantung adalah kondisi medis serius yang terjadi ketika pasokan darah ke jantung terhambat atau terhenti sama sekali. 

Dalam dunia kedokteran, serangan jantung disebut infark miokard. Orang yang mengalaminya membutuhkan perawatan di rumah sakit jantung. 

Serangan jantung bisa berakibat fatal, tapi ada juga serangan yang ringan. Namun bukan berarti serangan ringan tak membutuhkan pemeriksaan. 

Terlepas dari intensitasnya, serangan itu bisa merusak otot jantung karena kurangnya suplai oksigen. Terlebih bila serangan terjadi berulang kali walau ringan. Oksigen dan nutrisi diterima jantung bersama dengan darah. 

Pasokan darah ke jantung mengalami gangguan ketika ada masalah pada pembuluh darah atau arteri koroner. 

Arteri bisa menjadi sempit atau mengeras karena akumulasi plak yang terdiri atas lemak, kolesterol, dan zat lain di dalamnya. Ketika plak itu bertumpuk, aliran darah dalam arteri menjadi terganggu, bahkan tersumbat sepenuhnya. 

Sumbatan bisa juga terjadi karena gumpalan darah yang muncul akibat pecahnya plak dalam arteri. 

Serangan jantung sendiri bisa terjadi kapan saja, bahkan ketika seseorang sedang berolahraga. 

Saat berolahraga, seseorang pasti akan kehilangan banyak cairan sehingga menyebabkan dehidrasi dan gangguan elektrolit. 

Jika terjadi gangguan elektrolit, akan terjadi gangguan irama jantung dan dapat menyebabkan serangan jantung. Gangguan irama jantung adalah kondisi ritme jantung tidak teratur. 

Nah Sobat Youtz, jadi itu dia penyebab meninggalnya atlet badminton asal China bernama Zhang Zhi Jie. jaga kesehatan ya Sobat Youtz! 

 

 

(Ann/Frq)

 

Sumber: 

https://primayahospital.com/jantung/serangan-jantung-saat-olahraga/

https://www.umm.ac.id/id/arsip-koran/klikmuco/olahraga-ternyata-bisa-sebabkan-serangan-jantung-begini-penjelasan-dokter.html#:~:text=Saat%20berolahraga%2C%20seseorang%20pasti%20akan,kondisi%20ritme%20jantung%20tidak%20teratur.

https://sport.detik.com/raket/d-7417076/apa-penyebab-zhang-zhi-jie-meninggal-ini-kata-asosiasi-bulutangkis-china

https://mediaindonesia.com/humaniora/681885/atlet-china-zhang-zhi-jie-meninggal-dunia-akibat-serangan-jantung-mengapa-bisa-terjadi

Tags

tag_fill_round [#1176] Created with Sketch.