WHO Konfirmasi Kasus Kematian Akibat Infeksi Flu Burung H5N2

Minggu, 23 Juni 2024

Penulis: Anna Lutfhiah

image-berita
Foto: Virus H5N2 (Shutterstock)

Kesehatan - Sobat youtz, baru-baru ini WHO baru saja mengkonfirmasi kasus kematian akibat terinfeksi virus flu burung H5N2. Kasus ini dialami oleh seorang pria berusia 59 tahun asal Meksiko. 

Saat ini WHO mengatakan masih menunggu informasi dari peneliti terkait data urutan genetik lengkap virus baru tersebut. 

Sebenarnya, virus H5N2 sudah lama terdeteksi pada burung, namun baru kali ini virus tersebut teridentifikasi pada manusia.

Pria berusia 59 tahun di Meksiko meninggal setelah menderita demam, sesak napas, diare, dan mual. 

Pria tersebut tidak teridentifikasi memiliki riwayat paparan unggas atau hewan lain. Pria tersebut dinyatakan meninggal di hari yang sama saat dinyatakan terpapar. 

Tidak diketahui dengan pasti bagaimana ia tertular, meskipun ada kasus di beberapa peternakan unggas di Meksiko. Infeksi seperti ini kadang bisa menular dari hewan ke manusia.

Menurut WHO, sumber paparan virus tersebut saat ini tidak diketahui, meskipun kasus H5N2 telah dilaporkan pada unggas di Meksiko. 

Varian lain dari virus flu burung ini adalah H5N1, yang mana virus ini telah menyebar selama berminggu-minggu di kalangan ternak sapi perah di Amerika Serikat. 

Namun, dilansir dari kompas.com yang juga dikutip dari BBC, tidak ada satu pun dari penyakit tersebut yang menular dari manusia ke manusia, dan penyakit ini justru menular dari ternak ke manusia. 

Selain itu, tidak ada vaksin khusus untuk mencegah infeksi virus flu burung. 

Walaupun begitu, kandidat vaksin telah dikembangkan sebagai bagian dari kesiapsiagaan untuk menghadapi pandemi. 

Adanya kasus ini pun tidak mengubah rekomendasi WHO saat ini mengenai tindakan kesehatan masyarakat dan pengawasan influenza. 

Karena sifat virus influenza yang terus berkembang, WHO terus menekankan pentingnya pengawasan global untuk mendeteksi dan memantau perubahan virologi, epidemiologi dan klinis yang terkait dengan virus influenza yang muncul atau beredar yang dapat mempengaruhi kesehatan manusia dan hewan dan pembagian virus secara tepat waktu berdasarkan risiko penilaian. 

WHO tidak menyarankan pemeriksaan khusus bagi wisatawan di titik masuk atau pembatasan sehubungan dengan situasi virus influenza saat ini pada kontak manusia-hewan.

Nah guys, tetap jaga kesehatan ya. Kalau kamu ada yang merasa tidak beres dengan diri kamu, sebaiknya langsung diperiksakan ke dokter, jangan tunggu nanti-nanti, sebelum semuanya terlambat. Stay healthy guys! 


(Ann/Ann)


Sumber : 

https://www.kompas.com/sains/read/2024/06/08/063500223/who-identifikasi-kematian-pertama-akibat-virus-flu-burung-h5n2#google_vignette

https://www.detik.com/jabar/berita/d-7377172/satu-nyawa-sudah-terenggut-akibat-flu-burung-h5n2

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20240606151847-255-1106727/who-konfirmasi-kematian-manusia-pertama-akibat-infeksi-flu-burung-h5n2

Tags

tag_fill_round [#1176] Created with Sketch.
Kesehatan Flu burung H5N2 Kematian WHO