Kontrasepsi Pria Berbentuk Gel yang Bisa Dioles

Jumat, 7 Juni 2024

Penulis: Anna Lutfhiah

image-berita
Ilsutrasi: Alat Kontrasepsi pria terbaru (klik dokter).

Kesehatan - Sobat Youtz, kalau kita bicara soal alat kontrasepsi pada pria, pasti yang akan terbesit di pikiran kita adalah kondom. 

Ya, alat kontrasepsi pria yang satu ini memang menjadi alat kontrasepsi atau pengaman saat berhubungan sex yang paling popular, selain harganya yang tidak terlalu mahal, alat kontrasepsi ini mudah digunakan dan juga gampang didapatkan. 

Tapi Sobat Youtz, kamu tahu nggak sih, ada loh alat kontrasepsi terbaru untuk pria yang telah dikembangkan. 

Bukan layaknya kontrasepsi wanita yang harus dikonsumsi atau dipasang pada bagian tubuh seperti pemasangan implan atau IUD, kontrasepsi pria yang satu ini cukup hanya tinggal dioleskan saja ke bagian tubuh. 

Serupa dengan obat topikal, kontrasepsi pria yang satu ini memang digunakan dengan cara dioleskan di bagian tubuh pria. 

Umumnya, bagian tubuh yang menjadi target pengolesan kontrasepsi ini adalah bagian bahu. 

Dilansir dari detikhealth, cara kerja kontrasepsi pria ini adalah dengan cara menurunkan jumlah sperma. 

Hasil studi menunjukkan alat kontrasepsi gel itu aman, efektif dan bekerja dengan baik dibandingkan metode serupa lainnya. 

Gel kontrasepsi tersebut dapat menurunkan jumlah sperma pria ke ambang batas yang dianggap efektif untuk kontrasepsi rata-rata dalam waktu delapan minggu, lebih cepat dibandingkan sembilan hingga 15 minggu yang terlihat pada suntikan kontrasepsi pria. 

Produk ini menggabungkan dua hormon, testosteron dan hormon sintetis yang disebut Nestorone. 

Meskipun testosteron saja dapat mengurangi jumlah sperma, penambahan Nestorone akan mempercepat waktu yang diperlukan untuk bekerja dan berarti lebih sedikit testosteron yang dapat diberikan, sehingga menjaga kadarnya pada titik di mana testosteron tidak mempengaruhi gairah seks atau menyebabkan efek samping lainnya. 

Meski begitu, para peneliti kini terus mengamati seberapa baik gel tersebut bekerja untuk mencegah kehamilan, serta keamanannya, penerimaannya, dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk pulih setelah alat kontrasepsi gel itu dihentikan. 

Hmm… seiring berkembangnya zaman teknologi semakin canggih ya Sobat Youtz, kira-kira sepuluh tahun lagi ada alat kontrasepsi model apa lagi ya?


(Ann/Frq)

Tags

tag_fill_round [#1176] Created with Sketch.
Alat kontrasepsi kondom kesehatan