Dua Jajanan Indonesia Masuk 5 Besar Terenak di Dunia, Siomay Teratas!

Rabu, 1 Mei 2024

Penulis: Anna Lutfhiah

image-berita
Foto: Siomay (Flickr).

Food - Sobat youtz, siapa yang suka jajan nih, terutama jajan makanan pinggir jalan gitu. kalo anak zaman sekarang atau Gen Z sih biasanya menyebutnya dengan istilah “Street Food”. 

Ada kabar yang cukup mengejutkan sekaligus membahagiakan dari dunia kuliner street food Indonesia, dan pastinya Sobat Youtz udah nggak asing lagi sih sama makanan yang satu ini. 

Eh tunggu, asing? Asing mah hubungan kamu sama dia sekarang ya, oops! 

So, Sobat Youtz, makanan khas kota Bandung yaitu Siomay, resmi dinobatkan sebagai street food paling enak nomor satu di dunia versi Taste Atlas. 

Yup! Info ini bisa Sobat cek langsung di websitenya Taste Atlas dengan judul “Top 100 Street Food in The World”. Taste Atlas baru saja memperbaharui peringkat ini per tanggal 15 April 2024. 

FYI ya Sobat Youtz, ini bukan pertama kalinya makanan asal kota Kembang Bandung itu dinobatkan sebagai jajanan terenak di dunia oleh Taste Atlas, loh. 

Di akhir tahun 2023 lalu, tepatnya di bulan September, Siomay dan juga Roti Canai sama-sama dinobatkan sebagai jajanan terenak di dunia. Keduanya sama-sama menempati posisi nomor satu dengan poin sebesar 4,9. 

Di tahun 2024 ini, Siomay kembali menjadi jajanan terenak di dunia versi Taste Atlas dengan poin 4,8 mengalahkan Pastel de Nata dari Portugal di posisi kedua dengan poin 4,7, dan juga Guotie dari China yang ada di posisi ketiga dengan poin 4,7. 

Selain siomay, jajanan Indonesia yang berhasil masuk ke dalam jajaran 10 besar “Top 100 Street Food in The World” adalah pempek, makanan khas kota Palembang! 

Wow! Berbeda dengan siomay yang berhasil menempati posisi teratas, pempek berada di posisi nomor 4 dengan poin 4,7. 
Setuju nggak sih kalau pempek jadi salah satu jajanan Indonesia terenak? Kalo pempek sih min youtz setuju banget!

Apalagi pempek kapal selam! Itu nggak ada yang bisa nandingin deh! 

Bangga banget nggak sih, dua jajanan asal Indonesia masuk ke dalam 10 besar jajaran “Top 100 Street Food in The World” versi Taste Atlas!

Kira-kira selain siomay dan juga pempek, apa lagi jajanan Indonesia yang menurut kamu bisa masuk ke dalam jajaran “Top 100 Street Food in The World” versi Taste Atlas? 

Coba dong Sobat Youtz, komen jajanan Indonesia versi kamu yang  wajib masuk ke dalam jajaran “Top 100 Street Food in The World”! 

Sumber: 

https://www.tasteatlas.com/best-rated-street-foods-in-the-world#:~:text=Siomay%20is%20an%20Indonesian%20dish,with%20a%20spicy%20peanut%20sauce.

https://twitter.com/stats_feed/status/1767030184174055777

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20230912091927-262-997784/siomay-jadi-jajanan-terenak-di-dunia-versi-taste-atlas


(Frq/Tra)

Tags

tag_fill_round [#1176] Created with Sketch.
Siomay Pempek Makanan Indonesia Makanan Terenak di Dunia