Yuk, Kenali 5 Fakta Unik Tentang Coklat Ini!

Jumat, 2 Februari 2024

Penulis: Arnestya Dwi Heryati

image-berita
foto: Yuk! Kenali 5 Fakta Unik Tentang Coklat Ini! (Source by Canva)

Food - Coklat adalah makanan yang memiliki rasa manis dengan mengandung  endorphin, sehingga bagi orang yang memakan coklat akan merasakan bahagia dan senang. 

Selain memiliki rasa yang manis ternyata coklat sudah ada sejak ribuan tahun lalu. Hal ini, yang membuat coklat begitu dikenal di Dunia baik dari kalangan anak-anak hingga orang dewasa.

Coklat berasal dari buah kakao yang di keringkan lalu difermentasi hingga diolah menjadi coklat. 

Coklat tak pernah lepas dari dunia makanan manis, karna coklat merupakan makanan legendaris di seluruh dunia. Bahkan dalam setiap varian rasa di dalam makanan pasti tersedia rasa coklat.

Dibalik manisnya rasa coklat ternyata coklat memiliki fakta unik yang ga kalah menarik untuk kita ketahui. Yuk simak, fakta unik tetang coklat berikut ini!

1. Coklat adalah sayuran

Coklat merupakan makanan yang berasal dari biji buah kakao yang mana pohon kakao ini masih satu jenis dengan rumpunan dari pohon orka dan kapas. 

2. Coklat mengandung kafein

Ternyata sama dengan kopi dan teh, coklat juga memiliki kandungan kafein lho!

Dikutip dari Hello Sehat kandungan kafein dalam secangkir cokelat panas (150 ml) atau cocoa berkisar antara 10 – 70 milgram. Hal ini tergantung jenis coklat yang digunakan. 

3. Coklat dapat melawan radikal bebas dalam tubuh

Dalam coklat hitam memiliki banyak kandungan flavonoid yang berperan sebagai antioksidan. Kandungan itulah yang menjdikan coklat dapat melawan radikal bebas.

Selain itu, antioksidan juga dapat merawat daya tahan tubuh dan memperlambat proses penuaan.

4. Coklat pernah digunakan sebagai mata uang

Rupanya sebelum berubah menjadi coklat, biji kako ini pernah dijadikan sebagai mata uang loh!

Pada zaman dahulu biji kakao ini sama berharganya dengan tembakau dan jagung. Hingga pada akhirnya, coklat dijadikan alat tukar barang pada tahun 250-900 sebelum masehi.

Nah, itulah 4 fakta unik tetang coklat yang mungkin tak banyak orang tahu. Nantikan artikel khas anak muda yang menarik lainnya hanya di Youtz Media!

 

(arnsy/pndh)

Tags

tag_fill_round [#1176] Created with Sketch.
Fakta Coklat Cokelat Uniknya Coklat