Buah Unik Ini Hanya Dapat Ditemukan di Indonesia

Rabu, 3 Januari 2024

Penulis: Anna Lutfhiah

image-berita
Foto: HalalLife

Food - Sobat youtz, setuju kan kalau Indonesia disebut sebagai negara beriklim tropis dengan kekayaan alam yang melimpah? Hal itu tidak terkecuali vegetasinya yang menghasilkan buah-buahan yang hanya bisa dijumpai di tanah air. 

Selain memiliki bentuk atau tampilan yang unik, keberadaan buah-buahan ini juga cukup langka, itu dikarenakan buah-buahan ini jarang dijumpai di pasaran maupun supermarket sekalipun. 

Tak hanya itu, buah-buahan ini juga tumbuh di bagian-bagian tertentu kawasan Indonesia. 

Apa saja buah-buahan itu? 

Matoa
Dilansir dari okezone.com, buah matoa adalah buah yang berasal dari Papua, tetapi buah ini juga dapat dijumpai di bagian Timur Indonesia lainnya seperti Maluku. 

Pohon buah matoa memiliki tinggi mencapai 18 meter dan ber diameter 100 cm. Walaupun kulit buah ini cukup keras, tapi rasa di dalamnya sangat segar dan juga manis menyerupai rasa buah kelengkeng. 

Selain bisa dimakan langsung, buah matoa biasanya juga dikonsumsi dengan cara dicampurkan ke dalam rujak buah, dengan buah-buahan lainnya lalu disiram dengan bumbu kacang. Segar sekali ya sobat youtz! 

Buah merah (Kuansu)
Sasma seperti buah matoa, buah merah atau Kuansu juga berasal dari daerah Papua, tepatnya Papua Pegunungan. Tampilan buah ini berbentuk lonjong dengan kuncup tertutup daun. 

Salah satu fakta yang menarik dari buah ini adalah bermanfaat untuk menurunkan resiko kanker, hal itu dikarenakan buah ini mempunyai kandungan tokoferol dan juga betakaroten. Bermanfaat banget ya! 

Durian Gundul
Selama ini buah durian yang kita tahu adalah buah dengan kulit berdurinya yang cukup tajam, namun buah durian gundul yang kita bahas kali ini berbeda dengan buah durian pada umumnya. 

Sesuai dengan namanya, yaitu durian gundul, buah asal Nusa Tenggara Barat tepatnya di Lombok ini memiliki bentuk tidak berduri pada bagian kulitnya. 

Buat sobat youtz yang penasaran mau mencoba durian ini, mungkin agak sedikit susah, karena pohon buah durian gundul baru akan berbuah setelah 12 tahun lamanya. Lama juga ya sobat youtz, udah kaya wajib belajar saja 12 tahun. 

Kecapi
Pada zaman dulu, buah kecapi banyak ditanam oleh orang-orang suku Betawi. Sampai-sampai buah ini disebut sebagai buahnya orang suku Betawi. 

Buah kecapi sendiri memiliki bentuk bulat dan terdiri dari 2-5 biji besar di dalamnya, dengan rasa yang cenderung manis dan asam. Nggak hanya rasanya yang enak, buah kecapi juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. 

Daging buah kecapi mengandung antioksidan dan juga substansi bioaktif flavonoid dalam jumlah yang cukup tinggi. Bahan-bahan tersebut memiliki nilai nutrisi yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti jantung koroner dan juga anti kanker. 

Lobi-Lobi
Lobi-lobi merupakan jenis buah yang cukup mudah ditanam di kawasan tropis, seperti misalnya di negara kita, Indonesia. 

Berbeda dengan buah-buahan lain yang sudah kita bahas sebelumnya, buah lobi-lobi adalah buah dengan rasa yang cenderung asam, sehingga buah ini sangat cocok untuk dijadikan rujak, manisan, atau asinan. 

Nah sobat youtz, itu dia buah-buahan langka yang hanya ditemukan di Indonesia. Kalau Sobat sudah pernah coba buah yang mana nih? 

 

(Ann/Frq)

 

Sumber : 

https://lifestyle.okezone.com/read/2023/11/15/298/2920778/5-buah-unik-hanya-ada-di-indonesia-ada-yang-sudah-langka-loh?page=2

https://www.instagram.com/p/C1PLNYuS0FY/?igsh=MTc4MmM1YmI2Ng%3D%3D

Tags

tag_fill_round [#1176] Created with Sketch.
Buah-buahan Buah Unik Buah Indonesia