Bangga Banget! Kota Bandung Masuk 10 Besar Best Food Cities Versi Taste Atlas

Rabu, 27 Desember 2023

Penulis: Anna Lutfhiah

image-berita
Foto: KL Foodie

Food - Sampurasun Sobat Youtz! Kumaha damang sadayana? Damang? Aduh kenapa jadi logat sunda begini yah? 

Eh tapi gini Sobat, bukan tanpa alasan loh kali ini kita berlogat sunda, soalnya salah satu kota di Indonesia yang berlokasi di Jawa Barat yaitu Bandung baru saja masuk ke dalam daftar 100 best cities to try local food versi Taste Atlas. 

Di bulan Desember ini melalui laman websitenya, Taste Atlas baru saja merilis 100 kota di dunia dengan kuliner lokal terbaik dan kota Bandung menempati posisi ke-10 dalam daftar tersebut. 

Point yang didapat oleh Ibukota Provinsi Jawa Barat ini adalah sebesar 4.66, Wow! Bangga banget kan?! 

Dalam laporan Taste Atlas, beberapa makanan asal kota Bandung yang disebutkan antara lain Batagor, Mie kocok, Cireng, Siomay, Nasi kuning. 

Sementara itu, beberapa nama restoran yang disebutkan antara lain Warung Nasi Ibu Imas 81, Lemper Purnama, Baso Tahu Mang Ade, Serabi Kinca Suji-Eka Rasa, dan juga Batagor Yunus. 

Selain kota bandung, 9 kota lainnya yang masuk ke dalam jajaran 10 besar daftar 100 kota di dunia dengan kuliner lokal terbaik antara lain kota Rome (Italia), Bologna (Italia), Naples (Italia), Vienna (Austria), Tokyo (Jepang), Osaka (Jepang), Hong Kong (China), Turin (Italia), dan Gaziantep (Turki). 

Bandung memang dikenal sebagai kota dengan masakan dan jajanan terbaik yang bisa memanjakan lidah para penikmatnya. Bahkan saking enaknya, salah satu makanan khasnya, batagor ditempatkan sebagai peringkat pertama camilan paling terkenal di Indonesia. 

Batagor merupakan makanan yang terbuat dari pangsit ikan goreng yang disajikan dengan saus pedas tradisional. 

Seperti diketahui, ikan yang paling umum digunakan untuk membuat hidangan ini adalah tengiri, tuna, atau pun udang. Tahu juga tak jarang jadi teman makan batagor.

Selain batagor, ada pula siomay yang menduduki peringkat pertama dari Top 100 Southeast Asian Street Foods (jajanan di Asia Tenggara). Hidangan Indonesia yang terdiri dari pangsit dan olahan ikan yang dibentuk kerucut ini biasanya disajikan dengan dikukus. 

Melalui laman resminya, Taste Atlas menyebutkan bahwa “Di Indonesia, siomay adalah hidangan sehari-hari yang sangat disukai oleh mahasiswa. Ini adalah makanan pokok umum di pusat jajanan (food court outdoor tradisional Indonesia)”, tulis dalam keterangan lamannya. 

FYI sobat youtz, selain kota Bandung, beberapa kota lainnya di Indonesia juga masuk ke dalam daftar 100 kota di dunia dengan kuliner lokal terbaik, diantaranya seperti Jakarta, Surabaya, Padang, Ubud, Malang, Yogyakarta, hingga Seminyak. 

Bahkan, di urutan ke-11 di daftar ini ditempati oleh kota Jakarta dengan perolehan poin 4.65. 

Gimana nih Sobat Youtz, setuju nggak kalau kota Bandung masuk ke jajaran 10 besar daftar 100 kota di dunia dengan kuliner lokal terbaik? Makanan apa yang berasal dari kota Bandung yang paling kalian sukai?

 

(Ann/Frq)

Tags

tag_fill_round [#1176] Created with Sketch.
Food Bandung Kuliner