Serabi Solo, Jajan Tradisional yang Mulai Terlupakan

Sabtu, 27 Januari 2024

Penulis: Ayu Wandira

image-berita
Foto: Serabi Solo (Canva)

Food - Sebagai warga negara, kita harus terus mempertahankan kehadiran makanan tradisional. Namun, sekarang telah terjadi banyak pergeseran budaya yang membuat jajanan pasar lenyap tergantikan. Salah satu contohnya adalah Serabi Solo.

Meski keberedaannya masih sering kita temui, tapi minat pembelinya semakin berkurang. Seperti namanya, makanan ini berasal dari Surakarta, Solo. 

Terus apa bedanya sama Surabi Bandung? 

Serabi terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan santan dan gula. Serabi Solo dinikmati tanpa bahan tambahan lagi, sementara Surabi Bandung disiram dengan kuah gula kelapa cair. 

Serabi Solo diproduksi dengan cara tradisional, yakni menggunakan wajan kecil terbuat dari tanah liat berbentuk lingkaran yang dipanaskan dengan tungku arang. Setelah itu serabi digulung pakai daun pisang. 

Serabi Solo memiliki teksur krispi dibagian pinggirnya dan lembut dibagian tengahnya, perpaduan yang sangat unik dan menciptakan rasa gurih.

Yang bikin nikmat makan Serabi Solo yaitu ada tambahan topping diatasnya. Biasanya, berupa topping coklat, pisang, keju, original, nangka.

Buat kamu yang tertarik membuat Serabi Solo dirumah untuk menemani aktifitas. Berikut ini adalah resep untuk membuat Serabi Solo yang wajib kamu coba!

Bahan Serabi: 

  1. 125 gr tepung beras
  2. 1/2 sdm tepung sagu (boleh tepung tapioka)
  3. 300 ml santan sedang hangat (100 ml Santan Instan + 200 ml Air direbus dengan daun pandan, biarkan suam kuku)
  4. 5 gr Ragi Instan (1 sdt)
  5. 2 sdm Gula Pasir (= 30 gr)
  6. 1/2 sdt Garam
  7. 1/2 bh Telur dikocok lepas

Bahan Areh:

  1. 150 gr Santan kental (60 ml Santan Instan + 90 ml Air direbus bersama Daun Pandan)
  2. 1/4 sdt Garam

Cara Membuat:

  1. Siapkan semua bahan. Rebus santan dan biarkan hangat.
  2. Untuk santan areh, rebus sebentar santan instan, sejumput garam, pandan dengan api kecil jadi lebih kental. Sisihkan.
  3. Aduk semua bahan jadi 1 adonan kecuali garam. Sebaiknya adonan ditepuk-tepuk dan diaduk dengan tangan. Jangan bingung, adonan memang cair. Diamkan 30 menit, lalu beri garam, aduk rata.
  4. Siapkan loyang yang sudah dipanaskan, tuang adonan setengah penuh lalu tekan dengan punggung sendok sayur. Note: loyang HARUS panas! Cek dengan tetesan air. Ambil kembali sedikit adonan yang sudah dituang tadi. Tunggu sampai adonan berpori, baru tuang areh 1/2 sdm di tengah serabi lalu tutup loyang. Api kecil sedang.
  5. Angkat setelah agak kecoklatan. Boleh ditambahkan topping meses, nangka atau lainnya sesaat sebelum diangkat. 

Nah Sobat Youtz, itulah resep Serabi Solo yang nikmat dan cocok untuk cemilan. Gimana, tertarik untuk buat? Nantikan informasi dan tips and trick lainnya di Youtz Media ya!

 

(Ayu/Pndh)

Tags

tag_fill_round [#1176] Created with Sketch.
serabi solo jajanan tradisional makanan khas Solo