Rayakan HUT Ke-7 PIK-R Bangka, Tumbuh Bermakna Menyala Bersama

Selasa, 14 Mei 2024

Penulis: Faruq Bytheway

image-berita
Foto: Keluarga Besar PIK-R Bangka (Dok/Pri).

Community - Sebagai komunitas yang fokus untuk berdedikasi dalam mendukung dan membimbing para remaja di seluruh Indonesia, tak terasa Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK) Bangka telah berusia 7 tahun. 

Sejak didirikan pada 17 mei 2017, PIK-R Bangka berhasil menjadi percontohan terbaik komunitas yang berada di Daerah Keistimewaan Indonesia (DKI) Jakarta segmentasi kolaborasi di usia 20-24 tahun. 

Dalam menyambut kegembiraan itu, Rendy Sarudin, S.Tr.Par., M.Par, selaku pembina PIK-R Bangka menyampaikan suka cita di hari istimewa bagi para anggota maupun stakeholder komunitas yang peduli akan remaja tersebut. 

“Bahagia rasanya melihat pertumbuhan PIK-R Bangka yang kian hari makin merunduk bagaikan padi, bertumbuh di Kelurahan Pela Mampang dan kini bermakna penuh aksi nyata untuk Indonesia, bahkan tingkat dunia." tuturnya. 

Komunitas remaja yang berlokasi di Kelurahan Pela Mampang, Kecamatan Mampang Prapatan, DKI Jakarta itu telah menjadi pusat sumber daya yang memiliki peranan besar bagi generasi muda di Indonesia bahkan dunia. 

Sejak awal didirikan, PIK-R Bangka komitmen akan pendidikan, konseling, rujukan, hingga pemberdayaan remaja dan masyarakat. 

Hal tersebut, dapat dilihat dari sejumlah gerakan yang dilakukan, di mana total telah ada 470 kegiatan yang telah diselenggarakan dengan menyentuh 3 juta individu secara tidak langsung, dan lebih dari 37 ribu individu yang telah merasakan manfaatnya. 

Sebagaimana diketahui, dari sekian banyak penerimaan manfaat tersebut, terdiri 1412 sekolah, instansi, hingga perguruan tinggi. Sampai saat ini, PIK-R Bangka terjun langsung ke 412 Kota, 36 Provinsi, dan 11 Negara dengan memberikan dampak terhadap komunitas setempat. 

Menanggapi hal tersebut, Ananda Stevvan Vallentino Petrix Pratama selaku ketua Divisi Perencanaan dan Program menyampaikan pentingnya PIK-R Bangka untuk terus berinovasi dalam memberikan dampak terhadap khalayak luas. 

"Penting bagi kita untuk terus melakukan inovasi guna memperbesar dan memperluas dampak kita, pada prosesnya, kami senantiasa mengedepankan kolaborasi makna bersama organisasi/komunitas lintas fokus secara berkelanjutan,” tutur pemenang Juara 1 Putra Duta GenRe DKI Jakarta 2023 tersebut, Selasa (14/05/2024). 

Prestasi yang telah dicapai PIK-R Bangka tentu tidak lepas dari keterlibatan 78 mitra kerja yang turut andil hingga berdampak ke kancah International.

Arya Saputra Ramadani, S.Pd selaku ketua umum PIK-R Bangka berpesan kepada seluruh remaja Indonesia untuk terus komitmen membawa masa depan anak muda yang lebih cerah. 

“Kami berkomitmen bersama dalam membentuk masa depan yang lebih cerah khususnya bagi kaum muda, umumnya bagi bangsa Indonesia, karena masa depan yang cerah terdapat di tangan mereka yang pantang menyerah,” pungkasnya. 

Sejauh ini, konten edukasi dan postingan yang telah dibagikan oleh PIK-R Bangka mencapai lebih dari 800 posts dengan capaian lebih dari 55.000.000 reach. 

Ini adalah bukti nyata komitmen mereka dalam menyediakan informasi yang berguna dan mendidik bagi remaja Indonesia, bahkan seluruh dunia.


(Frq/Tra)

Tags

tag_fill_round [#1176] Created with Sketch.
PIK-R Bangka Komunitas Remaja Anak Muda HUT Harlah