Lestarikan Budaya Nusantara, YRI Bersama Jowo Community Menampilkan Pagelaran Wayang Orang

Minggu, 17 Maret 2024

Penulis: Tiara Cahyaningrum

image-berita
Foto: Pagelaran Wayang Orang Jowo Community Polteksos Bandung (Dok/Pri)

Komunitas - Jowo Community telah menyelenggarakan Pagelaran Budaya bersama Youth Ranger Indonesia (YRI) di Polteksos Bandung, Sabtu (9/3/2024).

Selain YRI, acara ini juga mengikutsertakan beberapa komunitas hebat seperti Yayasan Biruku Indonesia.

Sebelumnya, Jowo Community sendiri merupakan perkumpulan keluarga mahasiswa daerah yang berada di Polteksos Bandung. 

Lahirnya komunitas ini berawal dari sebuah ide untuk membentuk perkumpulan yang dapat menjadi wadah keakraban mahasiswa Jawa di Polteksos.

Pada pagelaran kemarin, Kabinet Jawa Community bernama Babat Alas membuat sebuah pertunjukan wayang orang dengan lakon berbentuk asmaraloka.

Lakon ini terinspirasi dari kisah perjalanan Rama Sinta tetapi disuguhkan dengan tampilan yang menarik dari sebuah sudut pandang dari Rahwana.

Pengambilan konsep tersebut dilatarbelakangi oleh keinginan komunitas untuk melestarikan suatu sudut pandang dari sebuah kisah yang begitu banyak.

Pagelaran budaya ini secara khusus diadakan untuk mengobati rasa kangen mahasiswa yang merantau terhadap budaya jawa.

Walaupun begitu, pagelaran ini juga membawa tujuan penting bagi komunitas untuk ‘nguri-nguri budaya jawi’ atau istilah umumnya melestarikan budaya jawa, khususnya di antara mahasiswa.

Pada pelaksanaannya, pagelaran ini mendapatkan kesan dan pesan yang berharga dari berbagai kalangan seperti dosen, sponsor, panitia, talent, dan penonton.

Kedepannya acara ini diharapkan bisa digaungkan menjadi ajang integritas dalam menjaga budaya dan dinikmati oleh semua kalangan dari semua daerah.

 

(Tcn/Tcn)

Tags

tag_fill_round [#1176] Created with Sketch.
Wayang Orang Jawa Mahasiswa Budaya Indonesia Komunitas Jowo Community