Daftar Makanan Unik Khas Indonesia yang Wajib Sobat Ketahui!

Minggu, 29 Oktober 2023

Penulis: Fildzah Izzati Ishmah

image-berita
Foto: (instagram/radarbanyumasnetwork).

Food - Sobat Youtz tau nggak, selain memiliki banyak sekali suku, budaya, dan bahasa, Indonesia juga memiliki ratusan bahkan ribuan makanan khas yang ada di tiap daerah. 

Kekhasan tiap makanan daerah bisa dinilai dari bahan olahannya, cara penyajiannya, cara memasaknya, sampai dengan cara memakannya. Makanan khas inilah yang menjadi keunikan tiap daerah, yang biasanya menjadi pembeda dengan daerah-daerah lain. 

Tapi, Sobat tahu tidak ada beberapa makanan-makanan khas daerah Indonesia yang dinilai sangat unik. Apa saja yah?  Yuk kita bahas!

Sate Ulat Sagu

Makanan unik pertama datang dari wilayah timur Indonesia, yaitu Papua. Makanan ini bernama sate ulat sagu. Nama makanan ini bukan karena bentuk yang mirip, tapi bahan baku makanan ini memang dari ulat yang ada di pohon sagu. 

Makanan khas Papua ini memiliki rasa yang manis dan asin. Selain itu, tekstur dagingnya yang keras di luar dan lunak di dalam membuat sate satu ini banyak disukai. 

Tempoyak

Makanan unik lainnya adalah tempoyak yang merupakan makanan khas dari Sumatera Selatan. Selain itu, makanan ini juga bisa ditemukan dengan mudah di Jambi atau Lampung. 

Tempoyak adalah buah durian yang sudah difermentasi dan dijadikan sebagai lauk untuk mendampingi nasi. Makanan ini dibuat menggunakan daging durian lokal yang kemudian diberi garam dan lalu difermentasi selama tiga hingga lima hari untuk mendapatkan citarasa yang nikmat. 

Makanan ini memiliki rasa asam yang cocok dimakan sebagai lauk dengan nasi hangat. 

Botok Tawon

Masyarakat Jawa pasti sudah tidak asing dengan makanan bernama botok yang bisa dibuat dari berbagai campuran sayur dan juga bumbu. Tapi dari semua jenis botok, ada satu yang unik, yaitu botok tawon. 

Makanan ini terbuat dari sarang tawon yang masih memiliki telur larva di dalamnya dan kemudian dimasak. Sayangnya, makanan unik ini sudah sangat sulit untuk ditemukan karena bahan bakunya yang tidak mudah untuk dicari. 

Sate kere 

Sate ini berasal dari Solo yang dibuat dengan tempe dan ampas tahu. Sebutan kere berasal dari sulitnya kalangan menengah ke bawah untuk membeli sate, sehingga muncul makanan ini.

Nasi kentut 

Nasi ini dinamakan Nasi Kentut karena aromanya yang menyengat. Bahan utama dari makanan ini adalah daun sembukan yang baunya menyerupai kentut.

Makanan ini bisa kamu jumpai di Medan, Sumatera Utara.

Gulai Siput

Sebagai hewan berlendir yang hidup di tempat lembab, siput banyak ditakuti karena dianggap menjijikan. Meskipun dianggap menjijikan, siapa sangka siput ini menjadi makanan yang sangat lezat di Provinsi Riau. 

Masyarakat Riau biasanya mengolah daging siput menjadi gulai yang disajikan saat upacara-upacara adat tertentu. 

Paniki Santan 

Makanan ini merupakan kuliner berasal dari Kota Manado di Sulawesi Utara. Paniki Santan dibuat dari daging kelelawar pemakan buah yang berukuran yang lebih besar. 

Kelelawar yang akan diolah menjadi Paniki Santan terlebih dahulu akan dipanggang untuk menghilangkan semua rambut-rambut halusnya, kemudian dimasak dengan bumbu santan. 

Dadiah 

Makanan ini merupakan salah satu kuliner yang cukup aneh karena dibuat dari susu kerbau yang difermentasikan dalam bambu agar terkoagulasi sehingga teksturnya mengental seperti yoghurt. 

Dadiah biasanya disajikan bersama jeruk nipis dan disantap untuk sarapan. Dadiah memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi dan kaya akan bakteri baik yang dapat memperlancar saluran pencernaan. 

Belalang Goreng

Belalang Goreng merupakan kuliner yang khas dari Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Belalang yang digunakan hanya jenis belalang kayu yang berwarna kuning kecoklatan saja yang bisa digunakan. 

Jenis belalang kayu dapat ditemukan di pohon-pohon jati dan semak belukar yang banyak tumbuh di kawasan pesisir Gunungkidul.  

Rujak Cingur 

Rujak cingur sering dikonsumsi masyarakat daerah Jawa Timur, khususnya kota Surabaya. Kuliner khas kota Surabaya ini sering dipadu dengan sambal petis, kacang tanah, tempe, dan sayuran seperti timun. 

Rujak cingur pada dasarnya berbahan hidung sapi. Cingur atau hidung sapi termasuk sejenis kikil yang biasa dikonsumsi. Teksturnya yang kenyal dan gurih bila dibumbui, membuat makanan ini nomor satu di daerah Jawa Timur. 

 Bagaimana, Sobat Youtz? Makanan mana nih yang sudah pernah kalian cicipi?

 

(Fli/Frq)

Tags

tag_fill_round [#1176] Created with Sketch.
Makanan Khas Indonesia Kuliner Food