Apa sih Bedanya Susu UHT dan Susu Full Cream?

Sabtu, 14 Oktober 2023

Penulis: Fildzah Izzati Ishmah

image-berita
Ilustrasi: Freepik

Food - Sobat Youtz, apakah kalian pernah bertanya-tanya? apabila ada yang menyebutkan jenis susu dengan sebutan Susu UHT dan Fresh Milk, apa sebenarnya perbedaan dari kedua susu ini? Mulai dari jenis pengolahan, sumber, dan kandungan gizi? Yuk, kita bahas! 

Susu UHT (ultra-high temperature) adalah semua jenis susu yang diolah dengan cara dipanaskan pada suhu tinggi, yaitu sekitar 135 derajat Celcius selama 1–2 detik. 

Metode ini dilakukan dengan tujuan untuk membunuh bakteri yang ada pada susu, sehingga susu aman dikonsumsi dan memiliki umur simpan yang lebih lama. 

Pemanasan suhu tinggi ini bertujuan untuk membunuh mikroorganisme berbahaya yang mungkin ada dalam hasil perahan sapi tersebut. 

Proses pemanasan ini juga membuat produk akhirnya memiliki masa simpan yang lebih lama. Prosedur pemanasan produk UHT juga disebut sebagai proses pasteurisasi. Sementara itu, susu full cream adalah susu yang kandungan lemak aslinya tetap dipertahankan. 

Oleh sebab itu, susu full cream masih mengandung kadar lemak yang tinggi, yakni sekitar 8 gram per gelasnya.  Karena kadar lemaknya yang tinggi, susu ini memiliki rasa yang gurih dan legit. Satu gelasnya mengandung 5 gram lemak jenuh yang sudah mencukupi 20% kebutuhan lemak harian kita. 

Total kalori susu full cream pun satu gelasnya sekitar 150 kkal. Jadi, untuk Sobat yang sedang berada pada masa diet, mungkin Sobat perlu mempertimbangkan kadar konsumsi susu full cream. 

Jenis susu ini mengandung zat gizi yang cukup karena dilengkapi protein, vitamin D, kalsium, hingga fosfor. Susu full cream sangat mudah ditemukan di pasaran. Susu UHT umumnya memiliki kadar lemak yang lebih rendah daripada susu full cream

Hal ini karena proses pemanasan tinggi dapat menyebabkan sebagian lemak susu mengendap dan terpisah dari bagian cairnya. 

Kadar lemak susu UHT biasanya berkisar antara 0,1% hingga 3,5% tergantung pada jenis susu yang digunakan. Susu full cream memiliki kadar lemak yang lebih tinggi, biasanya sekitar 3,5% atau lebih. Karena itu, susu full cream cenderung lebih kaya rasa dan tekstur yang lebih kental dibandingkan dengan susu UHT. 

Pada dasarnya, dari segi nutrisi semua susu memiliki kandungan yang hampir sama mulai dari protein, lemak, karbohidrat, vitamin, kalsium, fosfor, kalium, magnesium, hingga zat besi. Tetapi tiap jenis susu memiliki sedikit perbedaan mengenai jenis atau komposisi gizi dan nutrisi. 

Gimana menurut Sobat Youtz? 

 

(Fli/Frq)

Tags

tag_fill_round [#1176] Created with Sketch.
Susu Full Cream Gula