Tips Menulis Motivation Letter yang Menarik dan Berpeluang Lolos Seleksi Administrasi Beasiswa

Selasa, 19 September 2023

Penulis: Redaksi

image-berita
Foto: Ilustrasi Scholarship (freepik/rawpixels).

Edukasi - Sobat youtz, pasti kamu akan selalu berlomba-lomba untuk jadi calon penerima beasiswa yang terus mengusahakan agar bisa lolos seleksi administrasi beasiswa sebelum memasuki tahap lanjutan. 

Pada awal seleksi, sobat perlu memenuhi seluruh persyaratan yang telah ditetapkan oleh penyelenggara beasiswa, seperti memiliki prestasi akademik yang baik, memiliki pengalaman yang relevan, dan motivation letter yang menunjukkan keseriusan sobat saat mendaftar beasiswa. 

Salah satu tahap seleksi administrasi yang paling penting adalah motivation letter. Umumnya, motivation letter atau esai tentang diri sendiri seringkali dijadikan sebagai syarat utama karena berisi motivasi dan alasan kamu ingin mendapatkan beasiswa tersebut. 

Dalam penulisan motivation letter, penting bagi penulis untuk menunjukkan kemampuan menulis yang baik dan memiliki estetika yang menarik agar memberikan kesan positif kepada pihak yang akan menilai. 

Nah, sobat penasaran kan apa saja tipsnya?

Berikut tips menulis motivation letter dengan estetik yang bisa membuka peluang untuk lolos seleksi administrasi. 

Riset dan Kenali Penyelenggara Beasiswa

Sebelum memulai menulis motivation letter, pastikan terlebih dahulu bahwa sobat sudah betul-betul memahami tujuan dan visi dari institusi atau program yang dituju.  Tujuan dari institusi atau program tersebut dapat ditemukan pada website atau brosur, serta profil institusi dari program tersebut. 

Hal ini penting agar sobat saat menuliskan esainya dapat mengarahkan tulisannya dengan tepat dan mencantumkan hal-hal yang relevan. 

Buat Struktur yang Jelas

Motivation letter yang baik harus memiliki struktur yang jelas. Gunakan paragraf terpisah untuk setiap poin penting yang ingin disampaikan. Mulailah dengan pengenalan diri, kemudian jelaskan alasan sobat tertarik pada beasiswa tersebut, dan terakhir jelaskan kualifikasi dan pengalaman. 

Gunakan Bahasa Formal yang Jelas

Motivation letter harus ditulis dengan bahasa formal dan jelas. Hindari menggunakan bahasa yang terlalu informal atau bahasa gaul. Pastikan bahwa kalimat-kalimat yang sobat tulis mudah dipahami dan tidak terlalu panjang. 

Gunakan Kata-kata yang Menyakinkan

Gunakan kata-kata yang kuat dan positif dalam motivation letter Sobat. Sampaikan keyakinan diri bahwa Sobat cocok untuk menjadi penerima beasiswa. Kata-kata yang kuat dan positif dapat membantu membuka peluang lolos seleksi administrasi. Ceritakan Kepribadian yang Lebih Spesifik

Sobat perlu memahami bahwa Motivation letter adalah kesempatan untuk menunjukkan kepribadian kita. Cobalah untuk menambahkan beberapa detail tentang diri sendiri yang mungkin tidak terlihat dari CV. 

Ceritakan beberapa kegiatan atau pengalaman yang telah membentuk kepribadian dan kemampuan serta relevan dengan program beasiswa. 

Berikan Alasan yang Kuat

Berikan alasan yang kuat mengapa sobat layak diterima pada program beasiswa yang sobat lamar. Gunakan pengalaman dan keterampilan yang relevan untuk menunjukkan kemampuan kamu serta jangan lupa berikan contoh konkret yang dapat menunjukkan kompetensi diri. 

Proofread dan Edit

Terakhir, jangan lupa untuk proofread dan edit motivation letter sobat sebelum final untuk mengirimkannya. Pastikan tidak ada kesalahan tata bahasa atau ejaan yang dapat merusak kesan yang bakal sobat berikan. 

Sobat Youtz juga bisa meminta bantuan teman atau keluarga untuk membaca dan memberikan feedback sebelum mengirimkannya. 

Nah, gimana nih sobat youtz? Apa sudah merasa terbantu dengan 7 tips di atas? 

Yuk, segera diterapkan agar motivation letter yang kamu tulis akan berkesan dan memiliki peluang untuk lolos seleksi administrasi beasiswa. Selamat Mencoba!

 

Penulis: Fathiyyah Azizah, Mahasiswi Ilmu Komunikasi Universitas Telkom Bogor

Tags

tag_fill_round [#1176] Created with Sketch.
Beasiswa Tips & Trick motivation letter,