Mengenal Lockbit 3.0 Ransomware yang Serang Pusat Data Nasional

Kamis, 27 Juni 2024

Penulis: Nafiatul Ilmiyah

image-berita
Foto : Mengenal Lockbit 3.0 Ransomware yang Serang Pusat Data Nasional (encrypted-tbn0.gstatic.com)

Edukasi - Sobat Youtz, tahu engga apa itu ransomware ? jadi Ransomware merupakan perangkat lunak berbahaya. 

Atau malicious software (malware) yang dapat menyerang perangkat dengan mengunci (mengenkripsi) data atau file di dalamnya.

Ransomware memiliki banyak jenis. Salah satunya Ransomware yang menyerang Indonesia pada 2017 adalah WannaCry. 

Kemudian, ada pula jenis ransomware LockBit yang dilaporkan baru-baru ini telah membuat gangguan server PDNS. 

Adapun jenis ransomware LockBit yang terbaru adalah LockBit 3.0. Jenis LockBit ini diduga pernah membuat gangguan di sistem BSI (Bank Syariah Indonesia) pada Mei tahun lalu. 

LockBit 3.0 adalah versi lanjutan dari ransomware LockBit yang dikenal dengan teknik enkripsi yang sangat canggih dan serangan yang ditargetkan. 

LockBit 3.0 ini memang sengaja dirancang oleh hacker agar menyusup ke sistem komputer dan mengenskripsi bebagai file berharga. 

Nantinya, file-file ini tak akan lagi bisa digunakan. Hacker akan meminta uang tebusan kepada korban jika ingin data mereka normal kembali. 

Jika korban membayarnya, penyerang atau peretas bakal memberikan kode untuk mendekripsi (membuka kunci) pada data-data yang terkunci di sistem komputer. 

Dalam melakukan penyerangan, peretas tidak bekerja sendirian. 

Dikutip dari Makeuseof, LockBit beroperasi dalam bentuk Ransomware as a Service (RaaS), yang mana peretas dan pengembang LockBit saling bekerja sama. 

Peretas membayar akses ke jenis ransomware tertentu yang dibuat ke pengembang. Cara kerja LockBit adalah dengan menginfeksi sistem,setelah itu  LockBit 3.0 mencari file berdasarkan ekstensi file tertentu (seperti dokumen, gambar, video, database, dll.) 

Virus tersebut kemudian akan mengenkripsinya menggunakan algoritma enkripsi yang kuat, nantinya file terenkripsi menjadi tidak dapat diakses oleh korban karena hacker akan menyandera passwordnya.

LockBit 3.0 dapat dikirimkan melalui beberapa vektor serangan, termasuk lampiran email berbahaya, situs web yang disusupi, atau kit eksploitasi. 

Ransomware LockBit 3.0 muncul pertama kali pada sekitar pertengahan 2022. 

LockBit 3.0 juga dapat mengenkripsi dan mengekstraksi semua file di perangkat korban, sehingga penyerang dapat “menyandera” data korban sampai uang tebusan dibayar. 

Setelah itu, seperti yang ditemukan BSSN, LockBit 3.0 sekarang telah berkembang dan punya varian baru bernama Brain Chiper.  Ransomware LockBit 3.0 Brain Chiper tergolong sebagai virus baru. 

Belum banyak perusahaan atau lembaga keamanan siber yang menemukan kasus serangan ransomware LockBit 3.0 Brain Chiper. 


Naf/Shz

Tags

tag_fill_round [#1176] Created with Sketch.
Serangan Ransomware LockBit PusatDataNasional Perangkat Data Virus