Sobat Harus Tahu, Ini Bedanya Sistem Pemerintahan di Berbagai Negara di Dunia

Kamis, 9 November 2023

Penulis: Fildzah Izzati Ishmah

image-berita
Foto: Rapat Anggota DPR-RI (instagram/wartaparlemen).

Edukasi - Tahukah Sobat bahwa dalam sistem pemerintahan negara-negara di dunia tidak hanya berbentuk presidensial, namun ada yang berbentuk monarki, parlementer, dan masih banyak lagi. 

Lalu, apa bedanya negara parlementer, monarki, presidensial dan sistem negara yang lainnya?

Mari kita bahas secara umum beberapa bentuk atau sistem pemerintahan negara-negara di dunia. 

1. Sistem Pemerintahan Parlementer

Sistem parlementer di mana ada presiden dan perdana menteri yang berkuasa. Parlemen memiliki peran sangat besar dalam pemerintahan. Beberapa negara yang melaksanakan sistem pemerintahan ini, seperti Malaysia, Jepang, Inggris, Belanda, Singapura dan sebagainya. 

Dalam sistem parlemen memiliki wewenang dalam mengangkat perdana menteri dan bisa menjatuhkan pemerintahan, yakni dengan mengeluarkan semacam mosi tidak percaya. 

Dalam sistem pemerintahan ini, posisi presiden sebagai kepala negara, sedangkan perdana menteri menjadi kepala pemerintahan. 

Berikut karakteristik sistem pemerintahan parlementer, yaitu:

- Parlemen menjadi pemegang kekuasaan.
- Negara dipimpin oleh seorang perdana menteri sebagai kepala pemerintahan dan kepala negara dipegang oleh presiden atau raja.
- Kekuasaan eksekutif presiden ditunjuk oleh legislatif, sedangkan raja diseleksi berdasarkan undang-undang.
- Perdana menteri memiliki hak prerogratif (hak istimewa).
- Kekuasaan eksekutif bertanggungjawab pada kekuasaan legislatif.
- Menteri-menteri bertanggung jawab pada kekuasaan legislatif.
- Kekuasaan eksekutif dapat dijatuhkan oleh legislatif.
- Pemilihan kepala pemerintahan dipilih melalui rakyat secara langsung atau parlemen (tidak langsung).
- Pemilihan parlemen dapat berubah-ubah sesuai dengan keputusan Perdana Menteri.

2. Sistem Pemerintahan Semipresidensial

Macam sistem pemerintahan semipresidensial merupakan gabungan dari Presidensial dan Parlementer hingga disebut sebagai Dual Eksekutif atau Eksekutif Ganda. Terlihat kuat, sebab posisi perdana menteri dan presiden menjalankan kekuasaan bersama. 
Di lain sisi, terdapat parlemen atau wakil rakyat yang memiliki hak kuat dalam pemerintahan. 

3. Sistem Pemerintahan Komunis

Sistem pemerintahan dikendalikan penuh oleh partai komunis. Macam sistem pemerintahan yang masih ada hingga saat ini, yakni Korea Utara, Vietnam, Laos, Republik Rakyat Tiongkok, Transnistria, dan Kuba. 

Komunisme atau Marxisme merupakan ideologi dasar yang umumnya digunakan oleh partai komunis. Berkenaan dengan filosofi, politik, sosial, dan ekonomi. 

Tujuan utamanya untuk menciptakan masyarakat komunis dengan aturan sosial dan ekonomi berdasar kepemilikan bersama alat produksi, serta tidak adanya kelas sosial, uang, dan negara.

4. Sistem Pemerintahan Demokrasi Liberal

Demokrasi liberal atau demokrasi konstitusional. Politiknya menganut pada kebebasan individu. Berusaha supaya keputusan pemerintah tidak melanggar kemerdekaan, serta hak-hak individu seperti tercantum dalam konstitusi.  Sistem ini diterapkan oleh beberapa negara seperti Amerika Serikat, Kanada dan Britania Raya. Tetap melalui konstitusi yang digunakan berupa sistem presidensial, republik, dan monarki konstitusional. 

5.  Sistem Pemerintahan Liberal

Macam sistem pemerintahan Liberal menganut pada asas kebebasan sebagai landasan penetapan kebijakan. Pemerintah tak begitu banyak menetapkan kebijakan. 

Mayoritas aktivitas pemerintahan negara dijalankan oleh pihak swasta. Liberal atau liberalisme merupakan sebuah ideologi, pandangan filsafat, serta tradisi politik yang didasarkan pada pemahaman, bahwa kebebasan dan persamaan hak adalah nilai politik yang utama.

 Jadi, menurut Sobat Negara kita tercinta menganut sistem pemerintahan yang mana?

 

(Fli/Frq)

Tags

tag_fill_round [#1176] Created with Sketch.
Sistem Pemerintahan Negara Demokrasi,