Sesuai Prediksi, Puncak Arus Mudik Idul Adha Terjadi Hari Ini

Sabtu, 15 Juni 2024

Penulis: Faruq Bytheway

image-berita
Foto: Padatnya kendaraan jelang Hari Raya Idul Adha (ANTARA).

News - Menjelang Hari Raya Idul Adha semua umat islam di Indonesia akan merayakan lebaran kurban 1445 Hijriah.

Tak dipungkiri lagi, pada saat momen besar islam itu, sejumlah masyarakat turut mudik untuk merayakan hari kemanangan bersama sanak saudara yang ada kampung halaman masing-masing.

Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah yang jatuh pada, Senin (17/06/2024), diprediksi akan mengalami puncak arus mudik per hari ini. 

Hal tersebut disampaikan oleh PT Jasa Marga yang memprediksi sebanyak 842.227 kendaraan akan meninggalkan wilayah Jabotabek pada periode libur panjang Hari Raya Idul Adha 2024. 

Diketahui, total selama lima hari, yaitu pada Jumat (14/6) hingga Selasa (18/6), Jasa Marga memprediksi puncak arus mudik Idul Adha terjadi hari ini. 

Angka tersebut merupakan angka kumulatif arus lalu lintas (lalin) dari empat gerbang tol (GT) utama, yaitu GT Cikupa (ke arah Merak), GT Ciawi (ke arah Puncak), dan GT Cikampek Utama (ke arah Trans Jawa) dan GT Kalihurip Utama (ke arah Bandung). 

Selain itu, Jasa Marga juga menyebut kendaraan yang meninggalkan Jabotabek menuju ketiga arah yaitu mayoritas sebanyak 409.536 kendaraan (48,63%) menuju arah timur (Trans Jawa dan Bandung), 239.746 kendaraan (28,47%) menuju arah barat (Merak), dan 192.945 kendaraan (22,91%) menuju arah selatan (Puncak). 

Selaras dengan hal tersebut, Faiza Riani selaku Marketing & Communication Department Head Jasa Marga juga mengatakan Jasa Marga memprediksi puncak kendaraan meninggalkan Jabotabek akan terjadi pada hari Sabtu (15/6). 

Ketika ditotal terdapat sejumlah lalin sebesar 195.966 kendaraan atau naik 32,94 persen dari lalin normal. 

"Dengan melihat peningkatan volume kendaraan yang akan meninggalkan wilayah Jabotabek tersebut, Jasa Marga memastikan kesiapan layanan operasi jalan tol Jasa Marga Group berjalan dengan optimal," jelas Faiza dalam keterangannya yang dilihat, Sabtu (15/6/2024). 

Terkait hal ini, Jasa Marga memastikan keberfungsian peralatan tol di gardu serta menambah jumlah petugas dan mobile reader untuk menambah kapasitas transaksi di gerbang tol utama. 

Tak hanya itu, Jasa Marga juga mengantisipasi potensi terjadinya kepadatan dengan penempatan petugas di titik-titik rawan kepadatan untuk mempercepat penanganan gangguan kendaraan di lajur serta mengatur lalu lintas.


(Frq/Tra)

Tags

tag_fill_round [#1176] Created with Sketch.
Arus Mudik Idul Adha Kepadatan Kendaraan