Nadiem Makarim Batalin Kenaikan UKT, Kok Jokowi Bilang Bakal Naik Tahun Depan

Jumat, 31 Mei 2024

Penulis: Nur Rizka Salsabila

image-berita
Foto : Nadiem Makarin Batalin Kenaikan UKT, Kok Jokowi Bilang Bakal Naik Tahun Depan (mylife.id)

Edukasi - Sobat youtz, udah pada tau belum nih bahwa Kenaikan UKT (Uang Kuliah Tunggal) di perguruan tinggi dibatalkan. 

Presiden Joko Widodo menyebut telah memberikan pertimbangan-pertimbangan kepada Kementrian kebudayaan, pendidikan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia (Mendikbud) terkait kenaikan UKT. 

Jadi, atas dasar itu, kenaikan UKT tahun ini dibatalkan.

Setelah di panggil ke Istana, Mentri Pendidikan Nadiem Makarim mengatakan bahwa "Kami kemendikbud telah mengambil keputusan untuk membatalkan kenaikan UKT di tahun ini dan akan mengevaluasi semua permintaan kenaikan UKT dari berbagai PTN, jadi untuk tahun ini tidak ada mahasiswa yang akan terdampak dengan kenaikan UKT tersebut".

Sedangkan, Jokowi menambahkan bahwa "Kemungkinan ini akan dievaluasi dulu, kemudian kenaikan setiap universitas akan dikaji dan dikalkulasi, sehingga kemungkinan, ini masih kemungkinan, nanti ini kebijakan di Mendikbud, akan dimulai kenaikannya tahun depan," ujar Jokowi, pada Senin (27/5).

Jokowi mengaku ingin memberikan jeda terhadap kenaikan UKT tersebut, agar hal itu tidak mendadak dan juga tidak memberatkan karena kenaikan yang terlampau tinggi. 

Sebelumnya, kenaikan tarif UKT menjadi isu hangat setelah mahasiswa dari berbagai PTN menyuarakan keluhan mereka.

Banyak mahasiswa mengeluhkan kenaikan UKT yang mendadak dan signifikan, bahkan hingga mencapai lima kali lipat.

Protes mahasiswa ini juga disertai dengan cerita-cerita perjuangan mereka, termasuk yang terpaksa putus kuliah atau terlilit hutang pinjaman online karena keberatan dengan tarif UKT yang tinggi.

Dengan keputusan ini, diharapkan para pemangku kepentingan dapat lebih adil dan bijaksana dalam mengambil keputusan terkait UKT ke depannya.

Semoga ini menjadi kabar yang melegakan dan membantu banyak mahasiswa untuk melanjutkan studi mereka tanpa beban tambahan yang berat.

 

(Nrs/Shz)

Tags

tag_fill_round [#1176] Created with Sketch.
UKT NadiemMakarim Pendidikan Kuliah Protes Mahasiswa Pembatalan