Mengenal Sastra, yang Jadi Kurikulum Merdeka Mulai Ajaran Baru

Jumat, 24 Mei 2024

Penulis: Nafiatul Ilmiyah

image-berita
Foto : Mengenal Sastra, yang Jadi Kurikulum Merdeka Mulai Ajaran Baru (reverasite.com)

Education - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim, mengumumkan bahwa sastra akan secara resmi menjadi bagian dari Kurikulum Merdeka mulai tahun ajaran baru mendatang. 

Program ini dirancang untuk jenjang Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Atas (SMA). 

Bertujuan memperkenalkan siswa pada beragam karya sastra dari berbagai budaya dan periode waktu dan kemampuan literasi peserta didik.

Dalam pernyataannya, Nadiem Makarim mengungkapkan bahwa selama ini sastra memang sudah hadir di sebagian kelas, tetapi hanya terbatas pada mata pelajaran sastra Indonesia. 

"Konsep bedah buku juga sangat jarang dilakukan di sekolah-sekolah di Indonesia," tambahnya. 

Oleh karena itu, dengan memasukkan sastra ke dalam kurikulum sekolah, para guru didorong untuk menjadikan karya sastra sebagai bahan ajar pada semua mata pelajaran.

Langkah ini diharapkan dapat meningkatkan pendidikan karakter. "Karya sastra memiliki potensi besar sebagai alat untuk pendidikan karakter," ujar Anindito, pejabat dari Kemendikbudristek. 

Kemendikbudristek telah menyediakan akses mudah bagi guru, murid, dan orang tua untuk "update" buku teks pelajaran berdasarkan kurikulum yang saat ini tersedia, yaitu buku K-13 dan Kurikulum Merdeka. 

Akses ini dapat dipelajari melalui katalog buku yang dapat diakses melalui tautan (https://buku.kemdikbud.go.id/katalog).

Dengan langkah ini, diharapkan siswa dapat menikmati cerita-cerita yang menarik sehingga meningkatkan minat baca mereka. 

Pendekatan ini diyakini akan menciptakan pengalaman belajar yang lebih menyenangkan dan bermakna bagi seluruh peserta didik di Indonesia.

 

(Naf/Shz)

Tags

tag_fill_round [#1176] Created with Sketch.
Sastra KurikulumMerdeka NadiemMakarim Literasi