Indonesia Satu Grup dengan Vietnam di Piala AFF 2024

Senin, 27 Mei 2024

Penulis: Anna Lutfhiah

image-berita
Foto: Pemain Indonesia saat duel dengan pemain Vietnam (Antara).

Olahraga - Sobat Youtz, drawing piala AFF 2024 telah dilakukan. Ajang kompetisi ASEAN Football Federation Championship atau yang biasa disebut dengan Piala AFF adalah kejuaraan sepak bola antar negara-negara di kawasan Asia Tenggara. 

Sesuai dengan namanya, beberapa negara yang menjadi anggota kejuaraan AFF ini meliputi negara-negara ASEAN, seperti, Indonesia, Singapura, Thailand, Vietnam, Kamboja, Malaysia, Filipina, Myanmar, Laos, Brunei Darussalam, dan Timor Leste. 

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, kejuaraan AFF terbagi menjadi dua grup, yaitu grup A dan grup B dengan masing- masing grup terdiri dari lima negara. 

Pada hasil drawing kali ini, Indonesia ada di grup B bersama empat negara lainnya, yaitu Vietnam, Filipina, Myanmar dan juga Laos. 

Sementara itu, grup A sendiri diisi oleh Thailand, Singapura, Kamboja, Malaysia, dan juga hasil kualifikasi pemenang antara Brunei Darussalam atau Timor Leste nantinya. 

Turnamen AFF sendiri akan digelar pada tanggal 23 November - 21 Desember 2024 dalam format dua kali home dan dua kali away di fase grup. 

Adapun untuk semifinal, setiap tim akan memainkan dua leg kandang-tandang, begitu juga untuk perebutan gelar juara. Setiap tim harus menjadi juara grup atau runner-up untuk bisa maju ke babak semifinal. 

Juara grup A akan berjumpa dengan runner up grup B, dan begitu juga sebaliknya, juara grup B akan berjumpa dengan runner up grup A. 

Pertemuan antara Vietnam dan Indonesia di kualifikasi grup piala AFF tahun ini menjadi pertemuan panas, dikarenakan rivalitas Indonesia dan juga Vietnam yang sudah terasa sejak dulu. 

Menurut pelatih Vietnam, yang juga berasal dari Korea Selatan, yaitu Kim Sang Sik, skuad Garuda merupakan salah satu tim terkuat di ajang ke-15 tersebut 

Pelatih timnas Indonesia sendiri, Shin Tae Yong hanya tertawa saat dimintai tanggapan mengenai hasil drawing piala AFF. 

Coach Shin, begitu kerap ia disapa, nampaknya ia tidak memberikan banyak komentar, ia hanya memberikan respon berupa tawa begitu mengetahui hal ini. 

Berdasarkan jadwal yang dirilis, timnas Indonesia akan melawan Myanmar terlebih dahulu pada 24 November, dilanjutkan duel dengan Laos pada 27 November sebelum menghadapi Vietnam di tanggal 30 November, dan akan berjumpa Filipina di tanggal 7 Desember.

Gimana nih sobat youtz, menurut Sobat Indonesia bisa lolos ke babak semifinal nggak ya? 

Kalau bisa lolos, kira-kira status Indonesia sebagai juara grup atau sebagai runner-up grup nih? Apa Sobat optimis Indonesia bisa menjadi juara AFF tahun ini?


(Ann/Frq)

Tags

tag_fill_round [#1176] Created with Sketch.
Drawing AFF 2024 Timnas Indonesia Vietnam