Opening Euro 2024: Megah dan Penuh Kejutan

Sabtu, 15 Juni 2024

Penulis: Alfi Lizan Hassan

image-berita
Foto: Kemeriahan upacara pembukaan Euro 2024 di Allianz Arena, Munchen, Jerman, Sabtu (15/06/2024) WIB (AP Photo/Dpa/Peter Kneffel)

Olahraga - Kejuaraan Sepak Bola Eropa UEFA 2024 resmi dibuka dengan malam pembukaan yang spektakuler di Allianz Arena, Munich, Jerman. 

Acara ini menandai dimulainya turnamen sepak bola paling bergengsi di Eropa, yang akan berlangsung selama sebulan di 10 kota di seluruh penjuru Jerman.

Upacara pembukaan Euro 2024 berlangsung meriah. 

Acara tersebut berlangsung satu jam sebelum laga pembuka Grup A antara Jerman melawan Skotlandia di Allianz Arena, Munchen, Jerman, Sabtu (15/06/2024) dini hari WIB.

Opening ceremony Euro 2024 kali ini juga tidak berlangsung terlalu panjang. Ada sejumlah atraksi di lapangan, diikuti dengan pemutaran video. 

Opening yang pertama dilakukan adalah dengan pertunjukkan kembang api dan pembukaan formal dengan menampilkan bendera semua negara yang terlibat akan menjadi agenda dalam upacara pembukaan Euro 2024. 

Salah satu yang mencolok di momen ini adalah ketika UEFA memberikan penghormatan kepada legenda sepak bola Jerman, Franz Beckenbauer. 

Saat itu, layar di di stadion menunjukkan video Beckenbauer. Penggemar yang hadir di stadion pun ikut memberikan penghormatan.
“UEFA akan menghormati mendiang ikon sepak bola Jerman Franz Beckenbauer pada upacara pembukaan UEFA EURO 2024 menjelang pertandingan negara tuan rumah melawan Skotlandia di Munich Football Arena,” tulis UEFA dalam laman resminya. 

Franz Beckenbauer merupakan salah satu legenda sepakbola Jerman yang berhasil menjuarai Euro 1972 sebagai kapten Jerman Barat dan Euro 1974 sebagai pemain.

Ia juga pernah melatih Jerman Barat saat ajang Piala Dunia 1990 serta menjadi pemain Bayern Munchen selama 13 musim dari tahun 1964-1977.

Upacara pembukaan pun ditutup dengan rentetan kembang api. 

Para penonton dibuat terpesona oleh pertunjukan ini, yang membangkitkan rasa antusiasme dan kecintaan pada sepak bola.

Setelah acara pembukaan yang meriah, turnamen resmi dibuka dengan pertandingan antara tim tuan rumah Jerman dan tim Skotlandia. 

Pertandingan ini berlangsung seru dan penuh ketegangan, dengan Jerman akhirnya keluar sebagai pemenang dengan skor 5-1.

Dimainkan di Allianz Arena, laga pembuka Piala Eropa 2024 kali ini berlangsung seru melebihi ekspektasi. 

Tuan rumah Jerman langsung tancap gas di hadapan pendukung sendiri dan Skotlandia tidak bisa memberikan perlawanan berarti.

Kali ini lima gol Jerman dicetak oleh lima pemain berbeda, yaitu Florian Wirtz (10'), Jamal Musiala (19'), Kai Havertz (45+1'), Niclas Fullkrug (68'), dan Emre Can (90+3'). 

Skotlandia hanya membalas lewat own goal Antonio Rudiger (87'). 

Kemenangan telak 5-1 ini jadi langkah awal yang sangat baik untuk Jerman di Euro 2024. Pasukan Julian Nagelsmann memimpin klasemen sementara Grup A dengan 3 poin.

 

(Alf/Tcn)

Tags

tag_fill_round [#1176] Created with Sketch.
Opening Euro 2024 Sepakbola Jerman vs Skotlandia Eropa Opening Ceremony