Biang Kerok Stroke di Usia Muda, Catat dengan Baik

Selasa, 4 Juni 2024

Penulis: Rifanya Putri Amanu

image-berita
Foto: Stroke (Freepik)

Kesehatan - Sobat, sudah tahu kan ada penyakit yang bernama stroke? Kapan sih sobat sering mendengar tentang penyakit tersebut? 

Biasanya penyakit ini menyerang sanak saudara sobat yang telah lanjut usia. Namun, sobat juga perlu tahu bahwa stroke itu tidak hanya menyerang manula tapi juga kaum usia muda, lho

Maka dari itu penting untuk sobat mengetahui apa yang menyebabkan penyakit stroke dapat menyerang orang di usia muda, simak penjelasannya disini!

Stroke adalah salah satu penyakit kronis yang terjadi di pembuluh darah pada otak yang menjadi penyebab utama kecacatan juga kematian kedua secara global pada orang dewasa. 

Di Amerika Serikat, stroke adalah penyebab utama kematian kelima dan merupakan beban ekonomi pengobatan. Hal ini dikarenakan biaya perawatan pasca stroke terbilang sangat besar. 

Menurut PubMed Central di Amerika Serikat kejadian stroke untuk orang berusia 20-44 tahun meningkat dari 17 per 100.000 pada tahun 1993 menjadi 28 per 100.000 pada tahun 2015. 

Jadi apa yang menyebabkan stroke di usia muda? 

Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji dapat meningkatkan risiko stroke karena kandungan tinggi lemak jenuh dan garam. 

Dalam hal ini, lemak jenuh dan trans dapat meningkatkan kolesterol dan garam tinggi dapat meningkatkan tekanan darah.

Kolesterol yang tinggi dalam darah dapat meningkatkan kemungkinan timbulnya plak pada pembuluh darah yang dapat menyumbat aliran darah di otak dan dapat menimbulkan stroke iskemik.

Selain itu, tekanan darah yang tinggi juga dapat memperbesar risiko seseorang untuk mengalami pecah pada pembuluh darah, khususnya pada otak, sehingga dapat menimbulkan stroke hemoragik

Kurang Berolahraga

Ketidakaktifan fisik juga berkontribusi pada pembentukan plak di arteri dan penurunan kesehatan kardiovaskular secara keseluruhan. 

Oleh karena itu, rutin berolahraga sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko stroke.

Merokok

Merokok dapat menyebabkan stroke di usia muda karena nikotin dan bahan kimia dalam rokok merusak pembuluh darah, meningkatkan tekanan darah, dan kecenderungan darah untuk menggumpal, yang dapat menyebabkan penyumbatan aliran darah ke otak. 


(Rfn/Tcn)


Sumber:
https://www.kompas.id/baca/humaniora/2022/06/08/stroke-mengancam-usia-muda

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC10420127/

Tags

tag_fill_round [#1176] Created with Sketch.
Stroke Usia Muda Risiko Stroke Hemoragik Stroke Iskemik Makanan Cepat Saji Kesehatan Merokok