Alasan Peredaran Es Krim Magnum Ditarik di Inggris dan Irlandia

Selasa, 23 April 2024

Penulis: Anna Lutfhiah

image-berita
Foto: Es Krim Magnum (Disway).

Kesehatan - Sobat youtz, siapa disini yang suka banget makan es krim? Nah ngomong-ngomong soal es krim, baru-baru ini ada kabar yang menyebutkan bahwa peredaran Es Krim Magnum di Inggris dan Irlandia di tarik. Hmm… kira-kira kenapa ya? 

Jadi sobat youtz, baru-baru ini warga Inggris dan juga Irlandia diserukan dengan pernyataan “Jangan makan es krim Magnum Almond batch tertentu”. 

Hal tersebut dikarenakan Food Standard Agency menyatakan kalau es krim Magnum tersebut tidak aman untuk dikonsumsi lantaran mengandung serpihan logam dan juga plastik. 

Menanggapi hal tersebut, produsen Magnum, Unilever telah memberi peringatan kepada konsumen untuk tidak memakan es krim salut coklat rasa almond. 

Sebelumnya, beberapa bulan yang lalu Unilever juga sempat melakukan penarikan terhadap es krim stik Magnum Classic di tengah kekhawatiran adanya kontaminasi berupa serpihan logam. 

Food Standard Agency (FSA) memperingatkan bahwa kedua produk tersebut "tidak aman untuk dimakan". 

Berdasarkan kekhawatiran tersebut, hanya batch yang dijual di Inggris dan Irlandia dengan tanggal kadaluarsa Desember 2025 yang memiliki risiko terkontaminasi. Hanya kotak dengan kode batch L3338, L3339, L3340, L3341, dan L3342 yang di-recall. 

Selain itu, pihak Unilever juga memastikan tidak ada produk lain yang diduga terkontaminasi. 

Pihaknya juga telah mengeluarkan pemberitahuan kepada tempat penjualan alasan produk tersebut ditarik kembali dan apa yang harus dilakukan jika konsumen terlanjur membelinya. 

Cemaran logam pada makanan yang telah terlanjur dikonsumsi oleh tubuh dapat membahayakan kesehatan tubuh, diantaranya dapat menyebabkan kanker, kesulitan bernapas, mual, muntah, gangguan sistem saraf pusat, bahkan hingga koma dan berujung kematian. 

Selain logam, cemaran plastik pada makanan dan minuman juga dapat membahayakan kesehatan tubuh, diantaranya dapat menyebabkan kanker, penyakit jantung, dan juga masalah reproduksi. 

Nah, sobat youtz jadi itu dia alasan kenapa es krim Magnum Almond ditarik peredarannya di wilayah Inggris dan juga Irlandia. Bahaya banget kan cemaran logam dan juga plastik bagi tubuh kita? 


(Ann/Frq)


Sumber: 

https://www.halodoc.com/artikel/hati-hati-ini-bahaya-makan-makanan-panas-yang-dibungkus-plastik

https://gaya.tempo.co/read/1509058/ini-bahaya-makan-makanan-panas-berbungkus-plastik

https://www.klikdokter.com/gaya-hidup/diet-nutrisi/bahaya-logam-berat-dalam-makanan

https://ameera.republika.co.id/berita/sc6lmp414/warga-inggris-diserukan-jangan-makan-es-krim-magnum-almond-batch-tertentu-ada-apa-part1

Tags

tag_fill_round [#1176] Created with Sketch.
Es Krim Magnum Kadaluarsa Kesehatan