Aksi Nyata Health Heroes Indonesia Tuai Banyak Pujian dan Dukungan!

Kamis, 25 Januari 2024

Penulis: Faruq Bytheway

image-berita
foto: Health Heroes Indonesia (dok/pri).

Kesehatan - Pemerintah berusaha meningkatkan konsumsi makanan sehat penduduk dengan mewajibkan penerapan label informasi nilai gizi bagi produsen. Namun, usaha ini ternyata belum efektif. 

Akhirnya, Kemenkes RI bersama GAIN (Global Alliance for Improved Nutrition) melaksanakan program “Food Investigator Games” yang juga menggandeng para remaja sebagai edukator dengan sebutan “Health Heroes Facilitator”.

Sesuai rencana, kelompok anak muda pilihannya sukses mendorong misi perbaikan gizi masyarakat. Hal ini tercermin pada acara Health Heroes Indonesia- Suara dan Aksi untuk Pilihan Pangan lebih Sehat kemarin.

“SMP Ma'arif bangga atas dedikasi Djohanes dan Zeehan dalam menjalankan Kantin Sehat, yang telah meraih pengakuan dari berbagai pihak," ujar Ibu Ernin Fitria, Kepala Sekolah SMP Ma'arif NU Jakarta.

"Kantin ini berperan penting dalam membantu siswa memilih opsi makanan yang lebih sehat untuk mendukung kesehatan tubuh mereka," tuturnya.

"Dengan menyediakan makanan bergizi, Kantin Sehat menjadi faktor penunjang energi siswa untuk belajar dan aktif berpartisipasi dalam berbagai kegiatan sekolah,” tambahnya.

Tak hanya itu, masih banyak contoh lainnya seperti aksi kurangi gula oleh SMP Islam Al-Amal hingga Healthy Corner di Toko Kebon. 

Health Heroes Indonesia juga aktif melakukan kegiatan advokasi seperti mengadakan petisi online, terlibat dalam diskusi bersama pemangku kepentingan gizi dan kesehatan nasional serta menjangkau lebih banyak remaja.

“Harapannya, hak remaja untuk sehat melalui ketersediaan pilihan makanan yang sehat bisa terpenuhi,” ujar Gavra Arkananta Brian Simanjuntak sebagai salah satu perwakilan Health Heroes Indonesia.

“Kami juga mengajak agar semakin banyak remaja Indonesia yang mau peduli dan mengutarakan hak mereka, sehingga tercipta lebih banyak inisiatif dari anak muda yang berdampak positif bagi sistem pangan yang lebih baik. Untuk masa depan dan untuk planet kita,” tambahnya. 

Acara yang dihadiri lebih dari 300 penonton ini juga diisi dengan tanggapan dan diskusi bersama para ahli. Sehingga, acara berjalan sangat insightfull dan penuh ilmu.

 

(pndh/krn)

Tags

tag_fill_round [#1176] Created with Sketch.
malnutrisi pangan sehat kesehatan remaja heroes health indonesia