Real Madrid Juarai Liga Champions 2023/2024: Taklukkan Dortmund 2-0 di Final!

Minggu, 2 Juni 2024

Penulis: Alfi Lizan Hassan

image-berita
Foto: Liga Champions League Final 2024 (X/@realmadridfra)

Olahraga - Real Madrid berhasil membawa pulang piala UCL ke-15 kalinya (La Decimoquinta), usai mengalahkan Borussia Dortmund dengan skor 2-0 dalam laga final yang digelar di Wembley, Minggu (2/6/2024) dini hari WIB.

Meski di babak pertama El Real (julukan Real Madrid) mendapatkan tekanan terus menerus sepanjang babak pertama dan awal mula babak kedua, namun sang Los Blancos berhasil mengunci kemenangan melalui dua gol yang di cetal Dani Carvajal dan Vinicius Jr.

Dortmund harus kebobolan pada menit ke-74. Sepak pojok Toni Kroos berhasil disundul Carvajal untuk menaklukkan Gregor Kobel. Madrid kini unggul 1-0.

Menit ke-87, Dortmund sempat mencetak gol lewat sundulan Fullkrug. Namun, hakim garis sudah mengangkat bendera tanda offside. Keputusan ini diperkuat oleh VAR.

Kemenangan Real Madrid atas Borussia Dortmund dipastikan setelah Vinicius Jr ikut mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-83. 

Real Madrid menyudahi perlawanan Borussia Dortmund dengan skor akhir 2-0.

Madrid memang sedikit mendominasi dalam penguasaan bola hingga 60 persen. Namun, Dortmund sempat membuat penampilan lebih tajam dengan 11 shots.

Sayangnya, Dortmund kehabisan waktu. Penampilan cemerlang sepanjang babak pertama tidak berarti apa-apa di depan Real Madrid sang raja UCL. 

Los Bllancos meraih gelar ke-15 mereka alias La La Decimoquinta setelah menunjukkan kegigihan dalam 45 menit terakhir final UCL 2024.

Dalam partai final Liga Champion ini, Real Madrid menurunkan formasi terbaik mereka dalam skema 4-3-1-2. Jude Bellingham diplot di belakang Rodrygo dan Vinicius. 

Sementara itu, Fede Valverde diletakkan dalam trio gelandang bersama sang veteran Toni Kross.

Dilain sisi, final ini merupakan permainan terakhir sang maestro, Toni Kross, setelah ia mengumumkan untuk gantung sepatu usai UERO 2024 sekaligus menandai penampilan terakhir Kroos dalam seragam Real Madrid.

Berkat hasil ini, Real Madrid pun sukses mengangkat trofi Liga Champions untuk yang ke-15 kali atau trofi keenam dalam satu dekade terakhir. 

Sementara itu, Dortmund harus puas kembali menjadi runner-up setelah kekalahan di edisi 2013 silam. 


(Alf/Tcn)

Tags

tag_fill_round [#1176] Created with Sketch.
Liga Champions League 2024 Real Madrid Menang Sepakbola Olahraga