Olahraga Ringan yang Dapat Dilakukan Selama Ramadhan

Rabu, 13 Maret 2024

Penulis: Shahnaz Mazdhatul Rahmania

image-berita
Foto : Olahraga Ringan yang Dapat Dilakukan Selama Ramadhan (Freepik)

Ramadhan - Dalam menyambut bulan suci ramadhan, umat muslim di seluruh dunia mempersiapkan diri untuk berpuasa dan beribadah.

Namun, sobat youtz juga harus tahu bahwa menjaga kesehatan fisik juga merupakan aspek penting yang perlu kita perhatikan selama bulan Ramadhan. 

Untuk itu, olahraga ringan menjadi kunci untuk menjaga tubuh tetap bugar dan sehat selama bulan penuh berkah ini.

Berikut adalah beberapa olahraga yang dapat dilakukan tanpa mengganggu ibadah puasa dan membantu menjaga kesehatan tubuh:

Jalan santai 

Selama puasa, lebih baik hindari olahraga yang bisa bikin kamu banyak berkeringat.  Nah, jalan santai bisa jadi pilihan yang tepat. Karena ini bisa menjaga kesehatan jantung, otot, dan tulang tanpa harus capek-capek banget.

Kalo mau coba, pilih waktu yang pas. Misalnya, sore hari sebelum waktu berbuka. Ini bisa menghindari rasa lemas yang berlebihan. 

Bersepeda 

Bersepeda adalah salah satu olahraga ringan yang menyenangkan yang bisa kamu coba saat puasa. Selain bisa mengencangkan otot, bersepeda juga baik untuk kesehatan jantung.

Bersepeda saat puasa juga bisa menjaga tubuh tetap bugar dan pikiran jadi lebih tenang dan oksigen masuk ke tubuh lebih lancar.

Yoga 

Yoga adalah salah satu olahraga ringan yang sangat cocok dilakukan saat berpuasa.  Dengan berlatih yoga, tubuh tetap segar, bugar, dan pikiran lebih rileks.

Selain itu, yoga juga bermanfaat untuk membakar kalori dan memperbaiki postur tubuh.  Pilihlah jenis dan gerakan yoga yang tidak terlalu membutuhkan tenaga berlebihan agar menghindari kelelahan saat berpuasa. 

Dengan demikian, kamu bisa menjaga kesehatan tubuh dan pikiran dengan lembut namun efektif selama bulan suci ini. 

Pilates 

Pilates adalah latihan ringan yang tidak akan membuatmu terlalu lelah. Bahkan, satu jam sesi pilates bisa membakar hingga 200 kalori. 

Selain itu, pilates juga terkenal efektif untuk memperbaiki postur tubuh dan meningkatkan fleksibilitas. Dengan melakukan pilates, kamu bisa menjaga kesehatan tubuh tanpa harus terlalu keras beraktivitas.

Jadi, sobat youtz mau melakukan olahraga yang mana nih, jangan lupa tetap berolahraga di bulan Ramadhan ya, agar kondisi kesehatan fisik kita menjadi lebih bugar dan sehat. 


(Shz/Shz)

Tags

tag_fill_round [#1176] Created with Sketch.
MenjagaKesehatan OlahragaRamadhan KebugaranFisik