Lupa Niat Puasa di Malam Ramadhan, Apakah Puasanya Sah?

Senin, 25 Maret 2024

Penulis: Tiara Cahyaningrum

image-berita
Foto: Ilustrasi Puasa Ramadan (Freepik)

Ramadhan - Sobat youtz! Tidak terasa saat ini kita sudah berada di pertengahan bulan Ramadhan.

Puasa ramadhan merupakan ibadah wajib yang hanya dapat dilakukan satu tahun sekali.

Hal tersebut membuat ibadah tersebut menjadi spesial, bahkan mendorong yang menjalankannya untuk melaksanakannya semaksimal mungkin.

Akan tetapi, dalam pelaksanaannya, terdapat pertanyaan yang tidak sedikit dibahas oleh umat muslim yaitu apakah lupa niat puasa di malam ramadhan puasanya akan sah?

Dalam islam, keempat ulama mazhab sepakat bahwa niat puasa Ramadhan wajib untuk dilakukan. Namun, terdapat perbedaan pendapat dalam pelaksanaannya.

Ulama Syafiiyan yang mayoritas dianut oleh warga Indonesia meyakini bahwa niat puasa Ramadhan harus dilakukan pada waktu malam hari sesuai dengan hadist yang tertulis dalam kitab Ibanatul Ahkam fii Syarhi Bulughil Maram juz 2 halaman 376.

“Barang siapa yang tidak berniat puasa pada malam hari maka tak ada puasa baginya.” (HR. hmad, Abu Dawud, Nasai, Tirmidzi, dan Ibnu Majah).

Akan tetapi, dalam mahzab syafi’i terdapat pula solusi bagi sobat youtz yang lupa untuk niat puasa Ramadhan di malam harinya yaitu dengan niat pada pagi harinya dan diniati sebagai sikap taklid atau mengikuti dengan apa yang diajarkan oleh Imam Abu Hanifah.

Hukum tersebut ditulis oleh Imam Nawawi dalam kitabnya yaitu Al-Majmu’ Syarhul Muhadzdzab juz VI halaman 315.

“Disunahkan (bagi yang lupa niat di malam hari) berniat puasa Ramadhan di pagi harinya. Karena yang demikian itu mencukupi menurut Imam Abu Hanifah, maka diambil langkah kehati-hatian dengan berniat.” 


(Tcn/Tcn) 


Sumber:
https://jombang.nu.or.id/fiqih/lupa-niat-puasa-ramadhan-begini-solusinya-agar-tetap-sah-oRzUo  

Tags

tag_fill_round [#1176] Created with Sketch.
Puasa Ramadhan Niat Sah