Mengenal Istilah SGIE yang Ramai Diperbincangkan Usai Debat Cawapres

Selasa, 26 Desember 2023

Penulis: Anna Lutfhiah

image-berita
Foto: Antara

Edukasi - Sobat Youtz, siapa yang nonton siaran debat Cawapres pada tanggal 22 Desember kemarin? Banyak hal menarik dari debat cawapres ya kan? Salah satunya adalah penyebutan istilah SGIE oleh cawapres nomor urut dua yaitu Gibran Rakabuming Raka kepada cawapres nomor urut satu yaitu Muhaimin Iskandar. 

Sebenarnya apa sih SGIE itu? 

Jadi sobat youtz, SGIE adalah singkatan dari State of the Global Islamic Economy. Dikutip dari berbagai sumber, SGIE merupakan sebuah laporan ekonomi Islam global yang dikeluarkan oleh Dinar Standard yang berada di Dubai, UEA. Sementara itu, indikatornya dinamakan The Global Islamic Economy Indicator (GIEI). 

Dinar Standard sendiri merupakan perusahaan riset strategi pertumbuhan dan manajemen eksekusi yang berupaya memberdayakan organisasi untuk mencapai dampak global menguntungkan dan bertanggung jawab. 

Fokusnya adalah pada inovasi pemerintah, ekonomi halal, dan ruang dampak sosial. Dinar Standard telah mendukung lebih dari 30 entitas pemerintah, lembaga investasi, pemimpin industri, hingga lembaga multilateral pada lebih dari 12 negara. Hingga tahun ini, SGIE telah diproduksi hingga edisi ke-9. 

Dikutip dari laman Dinar Standard, dalam laporan Indikator Ekonomi Islam Global yang mencakup 81 negara, Indonesia berada di peringkat empat di bawah Malaysia, Arab Saudi, UEA, dan di atas Turkiye. 

Sejumlah kriteria yang menjadi penilaian mencakup: 

- Sektor keuangan Islam
- Makanan dan minuman halal
- Kosmetik halal
- Obat-obatan halal
- Perjalanan ramah muslim
- Fesyen sederhana

Media dan rekreasi bertema Islam. Sebagaimana dalam unggahan instagram @cuanderful, berdasarkan laporan SGIE tahun 2022, peringkat Islamic finance Indonesia menempati peringkat ke-6; peringkat halal food Indonesia menempati peringkat ke-2; peringkat modest fashion Indonesia menempati peringkat ke-3. 

Sedangkan dalam peringkat obat-obatan dan kosmetik Indonesia menempati peringkat ke-9 dan untuk kriteria muslim friendly travel dan juga media and recreation Indonesia belum masuk peringkat 10 besar. 

Harapannya seiring dengan berjalannya waktu, setiap tahun peringkat Indonesia dalam kriteria-kriteria tersebut terus meningkat. 

Nah jadi itu dia sekilas tentang SGIE sobat youtz, gimana nih kamu optimis nggak dengan perkembangan industri halal kita kedepannya? 

 

(Ann/Frq)

 

Sumber:  

https://www.instagram.com/p/C1MTskUhLlj/?igsh=MTc4MmM1YmI2Ng%3D%3D

https://www.suara.com/bisnis/2023/12/23/170527/mengenal-apa-itu-sgie-istilah-yang-tidak-diketahui-cak-imin-dari-pertanyaan-gibran-dalam-debat-cawapres-2024

https://money.kompas.com/read/2023/12/22/235814626/mengenal-apa-itu-sgie-yang-ditanyakan-gibran-ke-cak-imin

Tags

tag_fill_round [#1176] Created with Sketch.
SGIE Gibran Raka Buming Raka Debat Capres