Mengenal Disease X, Penyakit yang Belum Ada Namun Patut Diwaspadai

Senin, 4 Maret 2024

Penulis: Rifanya Putri Amanu

image-berita
Foto: Ilustrasi Kesehatn (Freepik)

Kesehatan - Tepat pada Sabtu (2/3/2024), Indonesia memperingati hari peringatan adanya Covid-19 pertama di Indonesia.

Sobat youtz tahu tidak bahwa Covid-19 termasuk dalam kategori Disease X, lho. Sebenarnya Disease X ini apa, sih? Yuk simak penjelasannya!

Disease X atau Penyakit X merupakan nama yang digunakan untuk menggambarkan penyakit yang disebabkan oleh mikroba yang belum diketahui dan berisiko menyebabkan epidemi, bahkan pandemi.

Namun, yang perlu dipahami adalah bahwa Penyakit X bukan merupakan suatu penyakit spesifik atau penyakit nyata, melainkan sekedar nama untuk membantu merencanakan krisis kesehatan di masa depan.

Karena pada awal penyebaran Covid-19 masih belum diketahui mikroba pembawa penyakitnya, Covid-19 pun digolongkan sebagai Penyakit X.

Walaupun keberadaanya belum ada secara nyata, pada tahun 2017, World Health Organization (WHO) telah menambahkan Penyakit X ini ke dalam daftar pendek prioritas utama untuk penelitian di samping Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS) dan Ebola.

Hal tersebut karena untuk mengoptimalkan tindakan pencegahan supaya kasus tidak bertambah besar.

Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, menyebutkan, "Lebih baik mengantisipasi sesuatu yang mungkin terjadi, karena itu telah terjadi dalam sejarah kita berkali-kali dan harus bersiap untuk itu." 

Selain itu, Tedros juga menjelaskan bahwa semua penyakit dapat dipersiapkan tindak penangannya.

"Apapun penyakitnya, kamu bisa mempersiapkannya." ucapnya. 


(Rfn/Tcn) 


Sumber:
https://www.unmc.edu/healthsecurity/transmission/2023/09/27/what-is-disease-x-how-scientists-are-preparing-for-the-next-pandemic/ 

https://www.newscientist.com/article/2413011-what-is-disease-x-and-why-is-it-in-the-news/ 

Tags

tag_fill_round [#1176] Created with Sketch.
kesehatan covid-19 penyakit x pandemi