Manfaatnya Daun Sambung Nyawa, Bumbu Masakan Penuh Khasiat

Kamis, 30 Mei 2024

Penulis: Rifanya Putri Amanu

image-berita
Foto: Daun Sambung Nyawa (Halodoc)

Kesehatan - Sobat Youtz, apakah pernah melihat Ibu sobat memasak? Tentu pernah bukan? 

Sayur, ikan, daging dan bumbu merupakan bahan-bahan yang digunakan untuk membuat makanan yang lezat serta bergizi. 

Namun, apakah sobat pernah memperhatikan bumbu apa sih yang di pakai untuk membuat makanan itu? Bisa jadi salah satunya adalah daun sambung nyawa.

Tanaman sambung nyawa merupakan tanaman perdu semusim dengan tinggi 10 cm hingga 25 cm dengan warna daun khas  yang berbeda di kedua permukaannya, yaitu bagian atas berwarna hijau dan bawah berwarna ungu.

Tanaman ini sendiri dikenal karena umbi dan daunnya yang diketahui dapat dijadikan obat.

Baru-baru ini, penelitian farmakologi melaporkan bahwa daun ini memiliki anti-Herpes simplex virus, anti-hiperglikemia, anti-hiperlipidemia, anti inflamasi, analgesik.

Kira-kira kenapa ya? Yuk, simak penjelasan berikut!

Sebagai Antihipergilkemi

Hal ini dikarenakan tanaman sambung nyawa mempunyai senyawa saponin. 

Kandungan saponin pada tumbuhan sambung nyawa berperan dalam memberikan efek antihipergilkemi. 

Saponin menurunkan kadar gula darah dengan menghambat aktivitas enzim alfa glukosidase, yaitu enzim dalam pencernaan yang bertanggung jawab terhadap pengubahan karbohidrat menjadi gula sederhana untuk diserap tubuh. 

Dengan demikian, proses tersebut dapat mengurangi peningkatan kadar glukosa postprandial pada penderita diabetes mellitus.

Sebagai Antioksidan

Dalam tanaman sambung nyawa terdapat kandungan senyawa alkaloid dan flavonoid.

Senyawa tersebut bersifat sebagai antioksidan yang mampu menekan aktivitas radikal bebas karena dapat menekan apoptosis sel B-pankreas tanpa mengubah proliferasi sari sel B-pankreas. 

Menurunkan Kadar Gula Darah

Tak hanya itu, kandungan flavanoid yang terdapat pada tumbuhan sambung nyawa tersebut juga memiliki manfaat dalam menurunkan kadar gula darah. 

Flavanoid pada tumbuhan sambung nyawa menurangi penyerapan glukosa dan mengatur aktivitas eskpresi enzim yang terlibat dalam metabolisme karbohidrat. 


(Rfn/Tcn)


Sumber:

Agustira, A., & Darwis, I. (2019). Tanaman sambung nyawa (Gynura procumbens) sebagai antihiperglikemi. Medical Profession Journal of Lampung, 9(2), 240-244.

Sinaga, M. S., Siagian, P. D., & Ariska, R. (2017). Pemanfaatan ekstrak daun sambung nyawa (Gynura procumbens [lour]. merr) sebagai antioksidan pada minyak kelapa menggunakan pelarut metanol. Jurnal Teknik Kimia USU, 6(2), 41-47.

Tags

tag_fill_round [#1176] Created with Sketch.
Daun Sambung Nyawa Gatal Tenggorokan Kesehatan