All Indonesian Final di All England 2024: Ginting vs Jojo

Minggu, 17 Maret 2024

Penulis: Alfi Lizan Hassan

image-berita
Foto: Anthony Ginting dan Jonatan Christie (Instagram/@ina.badmintonparis2024)

Olahraga - Sobat youtz, ada kabar gembira nih dari dunia perbulutangkisan Indonesia!

Kali ini Indonesia telah memastikan satu gelar di All England 2024, dimana tunggal putra menyajikan duel final antara Anthony Ginting vs Jonatan Christie.

Tunggal putra Indonesia, Anthony Ginting dan Jonatan Christie, berhasil mewujudkan terjadinya All Indonesian Final setelah memetik kemenangan di semifinal All England Open 2024.

Pada babak semifinal All England, nomor tunggal putra mempertemukan Anthony Sinisuka Ginting dengan wakil Prancis, Christo Popov. 

Duel ini berlangsung di Utilita Arena, Birmingham, Sabtu (16/3/2024) sore WIB.

Popov berhasil merebut gim pertama dengan skor 21-19. Ginting memaksa duel ke rubber game setelah merebut gim kedua 5-21. 

Kemudian, pada gim terakhir Ginting berhasil mengunci tiket ke final setelah menaklukkan Popov 21-11.

Melalui hal tersebut, Ginting menjadi pebulutangkis tunggal putra Indonesia pertama yang lolos ke final All England seusai Budi Santoso pada tahun 2002.

Selain Ginting, Jonatan Christie juga mengamankan posisinya untuk berlanjut hingga laga puncak All England Open 2024 usai kemenangannya pada babak semifinal melawan Lakshya Sen.

Juara French Open 2023 itu meraih kemenangan atas Lakshya Sen (India) lewat pertarungan tiga gim yang menguras mental dengan skor akhir 21-12, 10-21, 21-15.

Mengantongi gim pertama dengan cukup telak, nyatanya tak menjamin laga yang dijalani Jojo, sapaan akrabnya, berlangsung dengan mudah.

Pada gim kedua, dirinya justru panen eror yang membuatnya kalah dan berpengaruh besar pada laju performa dia saat melanjutkan gim ketiga.

Start buruk di gim penentuan hampir jadi bumerang untuk Jojo.

Namun, lambat laun dirinya berhasil mengatasi kepanikan dan meladeni serangan Sen dengan sabar hingga merebut kemenangan dramatis nan fantastis.

Melalui permainan tersebut, atlet jebolan PB Tangkas ini menyusul Anthony Sinisuka Ginting ke final dan memastikan terwujudnya All Indonesian Final.

Jonatan dan Ginting kompak mengulang prestasi para legenda All Indonesian Final di sektor tunggal putra All England Open terakhir kali terjadi pada 1994 silam melalui perang saudara antara Hariyanto Arbi dan Ardy B Wiranata. 


(Alf/Tcn)

Tags

tag_fill_round [#1176] Created with Sketch.
bulutangkis badminton All Indonesian Final All England 2024 Jojo Ginting Jojo vs Ginting