Tips And Trick Magang dari Fathiyyah Azizah

Jumat, 7 Juni 2024

Penulis: Suci Dwi Febriyanti

image-berita
Foto: Fathiyyah Azizah (Instagram/@fathizaah)

Inspirasi - Fathiyyah Azizah, atau yang akrab disapa Fatheh, merupakan seorang duta komunitas Youtz Comhub yang mewakili Provinsi Jawa Barat. 

Selain menjadi duta, Fatheh kini sedang menjalani S2 Ilmu Komunikasi di Universitas Telkom. 

Ia dikenal memiliki pengalaman di bidang marketing dan jurnalistik, serta pernah mengikuti Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) yang dilaksanakan oleh Kemendikbud Ristek pada Batch 4.

Fatheh berbagi pengalamannya selama melaksanakan magang di Liputan6.com pada divisi content marketing advertorial.

Ia mendapatkan banyak pengalaman kehidupan kerja secara langsung dan memiliki tanggung jawab yang sama dengan karyawan lainnya. 

Baginya, mengikuti magang membantu meningkatkan keterampilan, seperti belajar copywriting secara mandiri melalui internet karena tidak dijelaskan secara rinci di kampus. 

Pengalaman magang memberi Fathiyyah kesempatan untuk mengasah keterampilan ini secara praktis. 

Selain itu, magang di media memberikan pengalaman nyata menjadi karyawan, merasakan beban kerja yang padat dan tekanan deadline

Ilmu yang didapatkan dari magang memberikan dampak positif yang bisa diterapkan di tempat lain, seperti kerjasama dan kegiatan lain, menambah portofolio, dan menjadi tempat untuk berkembang dan memperoleh ilmu berharga.

MSIB sendiri menawarkan berbagai kelebihan, termasuk kemitraan dengan berbagai perusahaan ternama yang memungkinkan peserta mendapatkan pengalaman kerja beragam dan akses kepada teknologi terbaru di industri. 

Tak hanya itu, MSIB menyediakan bantuan biaya hidup yang signifikan, sehingga peserta dapat fokus pada pengembangan diri tanpa khawatir tentang masalah keuangan.

Hal ini menjadikan program MSIB lebih inklusif dan memberikan kesempatan merata bagi semua mahasiswa. 

Dukungan ini tidak hanya memperluas relasi profesional peserta tetapi juga membuka peluang untuk menjadi karyawan tetap atau memperpanjang masa magang dan memperkuat prospek karir mereka di masa depan.

Tahapan pelaksanaan MSIB mencakup komunikasi dengan dosen wali untuk membahas saran atau konversi hasil pelaksanaan magang, meminta tanda tangan dosen wali, serta mempersiapkan dokumen lain seperti surat rekomendasi, SPTJM, transkrip nilai, dan CV.

Fathiyyah juga memberikan tips bagi mahasiswa yang memiliki minat untuk magang, baik magang MSIB maupun magang lainnya, yakni:

Buat CV Se-Menarik Mungkin

Memiliki CV yang kuat sangat penting dalam menciptakan kesan pertama yang positif bagi perekrut. 

Pastikan untuk mencantumkan pengalaman organisasi, kegiatan seperti lomba atau volunteer, dan pengalaman tugas kuliah yang relevan.

Ikuti Wawancara dengan Tenang

Ketika menghadapi wawancara kerja, penting untuk menyampaikan pengalaman yang dimiliki dan relevan dengan kebutuhan perusahaan, sambil tetap percaya diri dan mengendalikan diri. 

Dengan tips ini, Fathiyyah berharap lebih banyak mahasiswa dapat memanfaatkan peluang magang untuk mengembangkan keterampilan dan karir mereka. 


(Scw/Tcn)

Tags

tag_fill_round [#1176] Created with Sketch.
MSIB Inspirasi Tips Trick