Ternyata Jakarta Tidak Sepanas Kota Besar Lainnya di Asia Tenggara

Rabu, 8 Mei 2024

Penulis: Anna Lutfhiah

image-berita
ILustrasi: Cuaca Panas Menyelimuti Asia Tenggara (MSN).

Travel - Sobat Youtz, ngerasa nggak sih kalau belakangan ini tuh cuaca lagi panas banget! Apalagi  melihat dia jalan sama yang lan, waduh itu udah masuknya level kebakaran bukan panas lagi nggak sih!

Anyway, Sobat setuju kan, kalau sekarang tuh cuaca lagi panas banget, terutama warga Jakarta pasti merasakan banget kan ya. Seolah-olah matahari berada dekat banget sama kepala kita. 

Tapi Sobat Youtz jangan khawatir, apapun yang terjadi kita harus tetap harus bersyukur, karena ternyata bukan cuma Jakarta atau negara Indonesia aja yang mengalami cuaca panas. 

Akan tetapi beberapa kota besar lainnya di Asia Tenggara juga mengalami cuaca panas loh, seperti Bangkok, Manila, Phnom Penh, Vientiane, Kuala Lumpur, dan masih banyak lagi. 

Dilansir dari Databoks, berikut ini beberapa kota besar di Asia Tenggara beserta suhu di kota tersebut: 

- Yangon (Myanmar) 39 Celcius
- Bangkok (Thailand) 38 Celcius
- Ho Chi Minh (Vietnam) 36 Celcius
- Manila (Filipina) 36 Celcius
- Phnom Penh (Kamboja) 36 Celcius
- Vientiane (Laos) 36 Celcius
- Kuala Lumpur (Malaysia) 34 Celcius
- Singapura (Singapura) 33 Celcius
- Bandar Sri Begawan (Brunei Darussalam) 33 Celcius
- Jakarta (Indonesia) 33 Celcius
- Dili (Timor Leste) 31 Celcius 

Tak hanya itu, Menurut World Meteorological Organization (WMO), dalam beberapa pekan belakangan sebagian wilayah Asia dilanda cuaca panas ekstrem. 

Bahkan, Menurut Ben Churchill Direktur Regional WMO untuk Asia dan Pasifik Barat Daya dalam siaran persnya pada April 2024, mengatakan bahwa bulan April biasanya merupakan bulan dengan suhu terpanas di Asia Selatan dan Asia Tenggara. 

Namun, El Nino dan perubahan iklim mendorong suhu ke tingkat yang sangat tinggi 

Selain itu, Menurut AccuWeather, sampai awal Mei 2024, suhu di kota besar Myanmar masih menjadi yang tertinggi dibanding kota besar tetangganya. 

AccuWeather juga memperkirakan, pada Senin (6/5/2024) suhu maksimum di Yangon, Myanmar, bisa mencapai 39 °C, dan mungkin terasa seperti 43 °C. 

Jadi Sobat Youtz tetap harus bersyukur ya, walaupun Jakarta terasa panas banget, tapi ternyata ada loh kota lain di Asia Tenggara yang suhunya melebihi Jakarta.


(Ann/Frq)

Tags

tag_fill_round [#1176] Created with Sketch.
Cuaca Panas Pemanasan Global Jakarta Asia Tenggara