Inovatif! Mahasiswa Unmuh Jember Ciptakan Wailer Smart Security Alarm

Kamis, 15 Februari 2024

Penulis: Alfi Lizan Hassan

image-berita
Foto: Inovator Wailer Smart Security Alarm (beritajatim)

Otomotif - Sobat youtz tahu tidak, kali ini ada berita membanggakan lho dari Mahasiswa Universitas Muhammadiyah (Unmuh) Jember.

Di tengah meningkatnya kasus pencurian kendaraan bermotor, inovasi keamanan semakin menjadi kebutuhan mendesak bagi para pemilik sepeda motor. 

Pengamanan kunci konvensional kini sangat rawan akan pencurian karena telah menjadi standar pada pengamanan kendaraan.

Menjawab keadaan tersebut, mahasiswa Unmuh Jember yaitu Tryo Brillyan Nugraha, Daga Aza Ramadhani, dan Abidah Wafiyah R.A. telah memunculkan solusi kreatif memadukan teknologi dengan pengamanan kunci konvensional motor yang disebut ‘Wailer Smart Security Alarm’.

Alat keamanan ini bukan hanya mempersembahkan konsep canggih mengontrol motor melalui ponsel dan mengubah motor non-keyless menjadi keyless, tetapi juga membawa teknologi mutakhir untuk meningkatkan tingkat keamanan pengendara.

Konsep dasar Weiler mencakup fitur Register to Go, dimana pengguna harus melakukan verifikasi dengan menekan tombol unlock sebelum menyalakan kendaraan. Hal ini memastikan bahwa hanya pemilik sah yang memiliki akses. 

Selain itu, fitur lainnya seperti Register on Area memungkinkan verifikasi mandiri jika remote berada dalam jarak 5 meter. Hal tersebut akan meningkatkan keamanan tanpa mengurangi efisiensi.

Keunggulan utama Weiler terletak pada fitur Auto Lock yang secara otomatis mengunci akses setiap 10 detik setelah pengguna mematikan motor. Fitur ini memberikan perlindungan ekstra terhadap potensi kriminalitas seperti pembegalan atau perampasan motor. 

Tak hanya itu, dalam mendeteksi potensi ancaman, Weiler dilengkapi dengan sensor terhadap getaran abnormal, seperti ketika stang terkunci pada kasus pencurian, alarm akan aktif dan kendaraan tidak dapat dinyalakan.

Keberhasilan Mahasiswa Unmuh Jember dalam menciptakan inovasi ini juga dapat menjadi inspirasi bagi sobat youtz dan mahasiswa lainnya untuk berani berinovasi dalam bidang yang digeluti.

Ini menunjukkan bahwa dengan pengetahuan, kreativitas, dan semangat yang tepat, mahasiswa dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam memecahkan masalah sosial yang ada di masyarakat.

Diharapkan inovasi ini dapat terus berkembang dan memberikan dampak positif yang lebih besar dalam meningkatkan keamanan kendaraan bermotor di masa depan. 

 

(Alf/Tcn)

Tags

tag_fill_round [#1176] Created with Sketch.
Wailer Smart Security Alarm unmuh jember mahasiswa inovatif teknologi otomotif kunci motor