Inilah Beberapa Motor Jadul yang Masih Eksis Sampai Sekarang

Selasa, 30 Januari 2024

Penulis: Alfi Lizan Hassan

image-berita
Foto: Ilustrasi Vespa (freepik/rawpixles)

Automotive - Motor merupakan salah satu jenis alat transportasi yang paling banyak digunakan di Indonesia. Seiring berjalannya waktu, kendaraan beroda dua ini berinovasi dengan berbagai macam jenis produksi terbaru.

Disamping banyaknya inovasi terbaru terhadap jenis motor yang ada, keberadaan motor dengan model produksi lama atau yang sering disebut sebagai ‘motor jadul’ masih banyak ditemukan di jalan raya.

Hal tersebut secara tidak langsung menunjukkan bahwa kehadiran motor jenis baru tidak dapat menggantikan eksistensi dari motor jadul.

Kira-kira apa saja ya motor jadul yang masih populer saat ini? Yuk simak rangkumannya!

RX-King Cobra

Motor keluaran dari Yamaha ini menjadi salah satu jenis motor masih tetap eksis sampai sekarang, bahkan tetap menjadi buronan bagi mereka kolektor motor klasik. Motor ini masih tetap tenar karena kualitas komponennya memiliki ketahanan yang cukup tinggi.

Selain itu, mesinnya yang bertenaga dan desainnya yang ikonik juga menjadi alasan lainnya mengapa Yamaha RX-King tetap menjadi primadona di jalanan hingga saat ini. Meskipun telah berusia puluhan tahun, kekuatan dan kehandalannya masih membuat banyak orang takjub.

Vespa

Vespa menjadi salah satu jenis motor yang sudah tidak asing didengar saat ini. Salah satu hal yang membuat motor Vespa jadul begitu istimewa karena kesederhanaannya yang menarik daya pikat.

Tak hanya itu, meskipun telah berusia puluhan tahun, motor ini tetap menjadi pilihan favorit bagi penggemar kendaraan klasik. Bukan hanya mereka, tidak sedikit public figure  yang masih menggunakan motor jenis ini seperti Iqbaal Ramadhan, Raffi Ahmad, Andre Taulany dan Anies Baswedan.

Selain karena kualitas dan desainnya, motor ini pun dikenal cukup mahal untuk orang awam, dimana harganya dibanderol mulai dari Rp.40-465 juta. Akan tetapi hal tersebut tidak menjadi hambatan bagi seorang kolektor sejati yang sering berburu motor langka.

Astrea Grand

Astrea Grand merupakan salah satu jenis motor produksi dari Honda pada tahun 1988. Motor ini dikenal dengan ‘kebandelan’ mesinnya dan penggunaannya yang irit bahan bakar.

Selain itu, motor yang sering disebut sebagai ‘motor bebek’ ini mempunyai performa yang sangat bagus karena kuat untuk dikendarai naik turun pegunungan, bahkan dapat digunakan sampai kecepatan 90-an kilometer per jam.

So, itu dia beberapa jenis motor jadul yang bisa dijadikan referensi kepada sobat yourz pecinta vintage ketika ingin memilih jenis motor untuk dibeli.

 

(Alf/Tcn)

Tags

tag_fill_round [#1176] Created with Sketch.
motor jadul vintage vespa RX King Astrea Grand