Enggit Glory, Mengulik Lebih Dalam Dunia Seorang Digital Marketer

Rabu, 31 Januari 2024

Penulis: Suci Dwi Febriyanti

image-berita
Foto: Enggit Glory, Digital Marketer (instagram/@enggitglory)

Inspiratif - Enggit Glory merupakan seorang Digital Marketer di bidang Digital Ads dan saat ini sedang bekerja di TikTok Indonesia. Selain itu, Enggit, sapaan akrabnya, juga dikenal sebagai influencer yang memiliki konten yang membahas seputar Digital Marketing maupun Digital Career.

Perjalanannya Pada Bidang DIgital Marketing

Ketertarikannya dibidang ini sudah mulai muncul saat dirinya masih menjadi Mahasiswa Baru di Universitas Indonesia. Meskipun menempuh jurusan yang jauh berbeda dari pekerjaannya saat ini, yaitu biologi, Enggit tetap bersemangat untuk terus memperdalam pengetahuan dalam Digital Marketing.

Hal tersebut ia buktikan dengan aktif pada berbagai organisasi, sebagai Divisi Marketing, Sponsorship, dan Partnership. Selain itu, Enggit juga mengembangkan kemampuannya dengan mengikuti berbagai seminar, workshop hingga bekerja secara part time di salah satu startup.

Kemudian, minatnya itu juga ia perdalam dengan mengikuti internship pada salah satu perusahaan di Indonesia sebagai marketer.

Aktif di Sosial Media

Selain menjadi Digital Marketer, Enggit juga aktif membagikan berbagai konten di akun pribadinya. Konten tersebut bermula dari masa pandemi, dimana banyak perusahaan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) yang menyebabkan banyak lulusan baru kesulitan mencari pekerjaan. 

Melalui hal tersebut, dirinya berhasil memberikan inspirasi dan motivasi kepada masyarakat untuk menjalani karir di ranah Digital Career.

Pandangannya Tentang Digital Marketing

Berkarir di dunia digital ini tentunya sangat beragam. Enggit mengatakan bahwa dalam bidangnya sendiri, yakni Digital Marketing juga memiliki berbagai macam cabang dengan spesifikasi keahlian dan posisi yang berbeda beda.

Cabang pertama yaitu Digital Ads yang bergerak pada bidang periklanan dan menjadi bidang yang ia tekuni hingga sekarang. Selain itu, terdapat juga cabang Search Engine Optimization (SEO) yang merupakan pengembangan dari mesin pencari atau Browser. Kemudian, cabang lainnya adalah Social Media Specialist yang berfokus pada sosial media.

Walaupun begitu, masih banyak orang yang merasa kesulitan untuk memasuki dunia Digital Marketing ini. Menurutnya, hal tersebut terjadi karena mereka masih ragu terkait kemampuan diri, terutama dalam hal personal branding dan penyusunan portofolio.

Tak hanya itu, Enggit juga menyampaikan pandangannya mengenai hubungan pekerjaan di dunia digital dengan eksistensi dari Artificial Intelligence (AI). Menurutnya, kehadiran AI memberikan perubahan positif karena dapat mendorong  para pekerja untuk meningkatkan keahlian mereka.

 

(Scw/Tcn)

Tags

tag_fill_round [#1176] Created with Sketch.
enggit digital marketing SEO dgital career