Cara Berkendara Aman dan Nyaman Saat Musim Hujan

Senin, 19 Februari 2024

Penulis: Alfi Lizan Hassan

image-berita
Foto: ilustrasi motor hujan (iStock)

Otomotif - Saat ini cuaca ekstrem sudah memasuki sebagian wilayah Indonesia. 

Hal ini tentunya akan membahayakan bagi para pengguna jalan, terlebih lagi saat berkendara ditengah hujan karena jarak pandangnya yang lebih pendek dan jalanan yang menjadi licin rawan akan kecelakaan.

Menurut Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto, puncak musim hujan 2024 di Indonesia berlangsung pada Januari hingga Februari 2024. 

Dalam periode itu, sekitar 55 persen wilayah Indonesia diprediksi telah memasuki zona musim.

Zona musim merupakan area dengan perbedaan yang nyata dalam pola curah hujan antara musim kemarau dan musim hujan. "Ada 385 zona musim atau 55 persen," kata Guswanto, Sabtu (6/1/2024), dikutip dari Kompas.com.

Namun, sobat youtz jangan khawatir, disini akan dijelaskan beberapa langkah pencegahan dan penyesuaian sehingga dapat tetap mengemudi dengan aman dan nyaman saat musim hujan.

Persiapkan Jas Hujan

Pastikan sebelum berkendara sobat youtz sudah menyiapkan jas hujan di dalam bagasi motor. Hal ini guna mencegah agar tidak basah bila hujan turun.

Kurangi Kecepatan

Saat hujan pastinya permukaan jalan akan menjadi basah dan licin. Oleh karena itu, sobat youtz diharuskan untuk mengurangi kecepatan agar tidak tergelincir dijalan.

Menjaga Jarak

Selalu terapkan jaga jarak dengan pengendara lain. Terutama saat hujan, hal tersebut karrena jarak pandang akan semakin pendek.

Menyalakan Lampu

Pastikan untuk menyalakan lampu kendaraan untuk meningkatkan jarak pandang dan membantu pengemudi lain agar melihat kita dengan jelas. Hal ini sangat penting dilakukan saat hujan dalam kondisi lebat.

Hindari Genangan Air

Hindari melintasi genangan air yang dalam karena bisa menyebabkan aquaplaning

Aquaplaning terjadi saat lapisan air di antara ban dan jalan membuat kendaraan kehilangan traksi. Hal ini dapat mengakibatkan kehilangan kendali kendaraan.

Hindari Pengereman Mendadak 

Pengereman mendadak dapat menyebabkan selip atau kehilangan kendali terutama di jalan yang basah. Hindari situasi ini dengan menggunakan rem secara perlahan dan bertahap.

Ingatlah selalu untuk memprioritaskan keselamatan sobat youtz dan orang lain di jalan raya. Selamat berkendara!


(Alf/Tcn)

Tags

tag_fill_round [#1176] Created with Sketch.
berkendara motor hujan kecelakaan