Berkelana Sambil Belajar, Inilah Kisah Backpacker Tinggi Keliling Indonesia!

Selasa, 23 Januari 2024

Penulis: Pindha Kirana

image-berita
Foto: Bima Backpacker Tinggi (Dok/Pri).

Inspiratif - Kalian percaya nggak kalau kita bisa keliling Indonesia dengan modal 64 ribu rupiah saja? Nggak yakin? Tunggu deh, coba simak kisah seru berikut ini! Kenalin namanya Bima atau biasa dikenal dengan Backpacker Tinggi asal Tangerang.

Ia merupakan Content Creator yang berhasil mengenalkan betapa ajaibnya Tanah Air kita. 

Saking populernya, kini akun Instagram backpackertinggi_ telah memiliki 102 ribu followers. Petualangannya bermula dari dirinya yang putus kuliah karena faktor ekonomi. Namun, peristiwa ini tidak membuat Bima putus asa begitu saja. 

Meski awalnya dilanda kebingungan tentang masa depannya, semangat Bima perlahan bangkit ketika melihat para konten kreator Indonesia yang terus berkarya. 

Bima ternyata sangat tertarik dengan konten buatan Ricky Santoso aka Backpacker Tampan yang berkeliling Indonesia dengan budget yang super minim. Ia pun mulai belajar dari video Ricky tentang bagaimana cara survive di kota orang hingga tips pindah singgah antar kota. 

Di sinilah titik balik kehidupan Bima terjadi, ia pun memutuskan untuk mengikuti jejaknya. 

Bima membangun branding dirinya sebagai Backpacker Tinggi sebagaimana apa yang ia katakan dalam Youtz Talk, “Backpacker Tinggi ini terinspirasi dari backpacker tampan yang menjual ketampanannya, nah kira-kira apa nih yang bisa menjual dari aku. Aku pikir, oh iya aku tinggi juga ya, jadi yaudah backpacker tinggi aja”, pungkasnya. 

Bima juga menuturkan filosofi lain dari nama Backpacker tinggi, “sebenarnya ada makna lainnya sih, kayak tentang hal apapun itu yang tinggi-tinggi akan terus aku kejar sampai dapat”, jelasnya.

Perjalanannya dimulai dari kota asalnya menuju Kota Bima yang merupakan impiannya dari kecil. Ekspedisi ini memakan kurun waktu kurang lebih 8 bulan dengan modal hanya 64 ribu rupiah. 

Nah, Sobat Youtz pasti bertanya-tanya gimana caranya hidup dengan uang yang cuman segitu?! 

Dalam hal ini Bima mengikuti apa yang ada di dalam video Ricky Santoro (RIC SNT) itu. Bagi Bima untuk bertahan hidup, dirinya harus membantu para warga lokal mulai dari jaga toko dsb. 

Setelahnya, hadirlah hubungan timbal balik dimana warga memberikan upah berupa uang, makan maupun penginapan kepada Bima. 

Hal tersebut terus berulang di setiap kota yang Bima kunjungi. Bima mengaku happy dengan jalan hidup sebagai backpacker ini. 

“Kalau capek nggak ada sih, malah seneng banget karena aku suka interaksi sama orang gitu, rasanya kayak ngecharge diri sendiri, kita jadi tahu tentang kearifan lokal dan menikmati indahnya Indonesia”, tuturnya dengan gaya bercerita. 

Bima benar-benar berkelana sambil belajar! Dari seluruh daerah yang Bima pijaki, ada juga satu momen menarik yang menurutnya berkesan. 

“Aku pernah nonton motoGP di sirkuit mandalika GRATIS di podium yang tiketnya kira-kira 1jutaan cuman karena bantuin warga jualan merchandise. Dan itu bener-bener definisi dreams comes true, aku juga bisa ikutan meet and greet sama pembalap dari pertamina dan aku di notice juga sama payung teduh waktu konser!”.

Akan tetapi, dibalik kesenangan yang Bima dapat tentunya ada struggle tersendiri yang ia alami. 

Contohnya, Bima terpaksa makan roti sobek basi karena kehabisan uang di tengah perjalanan. Gimana, apakah Sobat Youtz tertarik untuk mengikuti jejak langkah Bima? Bagi Sobat yang ingin mengembara kesana kemari seperti Bima ada sedikit tips nih darinya. 

“Kalian harus punya 4 hal yaitu tekad, mental, budget dan tujuan mau ngapain dan kemana. Jangan lupa juga untuk punya mindset positif, attitudenya diperhatikan, selalu jaga lingkungan, terapkan sifat ramah ke semua orang karena ini berdampak besar banget buat aku kayak aku mudah diterima oleh warga lokal”, tutupnya. 

Itulah kisah inspirasi dari Bima backpacker tinggi. Nantikan cerita-cerita asyik lainnya hanya di Youtz Media!

 

(Pnd/Frq)

Tags

tag_fill_round [#1176] Created with Sketch.
Backpacker Tinggi Berkelana Inspiratif