Akui Salah, Founder Binance Resmi Dihukum Penjara 3 Tahun

Kamis, 25 April 2024

Penulis: Faruq Bytheway

image-berita
Foto: Zhao, Mantan CEO and Founder Binance (VOI).

Finance - Changpeng Zhao alias CZ resmi dihukum dengan melanggar aturan pencucian uang di Amerika Serikat.

Founder Binance tersebut terkena hukuman penjara selama 36 bulan atau tiga tahun setelah mengakui kesalahannya. Diketahui, Zhao, akan menjalani hukumannya mulai 30 April mendatang di Seattle. 

Dirinya telah mengundurkan diri dari posisi CEO Binance, bursa pertukaran kripto terbesar dunia, sejak November 2023 lalu. 

Tak hanya itu, dilansir dari Reuters, Kamis (25/3/2024), Binance telah menyetujui untuk membayar denda sebesar USD 4,32 miliar.

"Dengan melihat kedalaman pelanggaran Zhao terhadap peraturan di Amerika dan berbagai konsekuensinya, hukuman yang diatas pedoman selama 36 bulan dijatuhkan," jelas jaksa di pengadilan distrik barat Washington, Amerika. 

Lebih lanjut, pedoman hukuman federal menjatuhkan hukuman penjara selama 18 bulan untuk CZ, yang kemudian setuju untuk tidak naik banding. 

Pihak berwajib AS menyebut Binance tidak melaporkan lebih dari 100 ribu transaksi mencurigakan terkait kelompok teroris seperti al Qaeda dan ISIS. 

Selain itu, Jaksa menyebut Binance mendukung penjualan material pelecehan seksual terhadap anak-anak dan menjadi penerima uang tebusan ransomware dalam jumlah besar. CZ setuju untuk membayar USD 50 juta dan memutus hubungannya dengan Binance, perusahaan yang ia dirikan pada 2017. 

Di sisi lain, Binance harus membayar denda sebesar USD 1,81 miliar dan restitusi sebesar USD 2,51 miliar. 

Sebelumnya, Zhao, yang diperkirakan memiliki kekayaan lebih dari USD 23 miliar, mengaku bersalah karena gagal mempertahankan program anti pencucian uang yang efektif. 

Zhao juga mengkonfirmasi dalam sebuah postingan di X (sebelumnya dikenal sebagai Twitter) bahwa ia telah mengundurkan diri sebagai CEO. 

"Memang tidak mudah untuk melepaskannya secara emosional. Tapi saya tahu itu adalah hal yang benar untuk dilakukan," tutur Zhao.


(Frq/Tra)

Tags

tag_fill_round [#1176] Created with Sketch.
Zhao Binance Pencucian Uang