iPhone 15 Series Rajai Tangga HP Terlaris Sepanjang 2024

Selasa, 7 Mei 2024

Penulis: Faruq Bytheway

image-berita
Foto: iPhone Series (Bloomberg Technoz).

Teknologi - No debat lagi, iPhone menjadi primadona bagi kalangan masyarakat penggemar ponsel pintar.

Selain fiturnya yang lebih maju, berbagai alasan juga menjadi penunjang kenapa iPhone laris manis bagi para konsumen. Bahkan, Firma riset Counterpoint Research menyebut iPhone 15 Pro Max jadi HP terlaris sepanjang tahun 2024.

Hal tersebut, sesuai rilisan Firma Riset Counterpoint yang merilis daftar 10 ponsel terlaris di pasar global pada kuartal pertama tahun 2024.  Sebagaimana diketahui, iPhone 15 Pro Max jadi ponsel terlaris di dunia dengan pangsa pasar 4,4%. 

Ponsel termahal dari Apple ini diikuti oleh iPhone 15 di posisi kedua, iPhone 15 Pro di posisi ketiga, dan iPhone 14 di posisi keempat. 

Adapun iPhone 15 Plus terpisah cukup jauh dari saudara-saudaranya dan berada di posisi delapan. 

Lebih lanjut, menurut data Counterpoint, di tahun-tahun sebelumnya varian iPhone termurah biasanya lebih laris dibandingkan varian Pro, tapi tidak untuk tahun ini.

Counterpoint juga meyakini konsumen saat ini lebih memilih ponsel premium karena bisa digunakan lebih lama sebelum upgrade ke ponsel baru. 

"Konsumen menggunakan ponsel mereka untuk jangka waktu yang lebih lama karena versi baru yang ditingkatkan menawarkan fitur pembeda yang terbatas," kata Counterpoint dalam laporannya, Selasa (7/5/2024). 

"Hal ini menyebabkan konsumen memilih ponsel kelas atas untuk memastikan perangkat mereka tetap relevan secara teknologi untuk jangka waktu yang lebih lama," lanjutnya. 

Di sisi lain, Samsung Galaxy S24 Ultra menjadi ponsel terlaris kelima di dunia dengan pangsa pasar 1,9%. 

Dengan pencapaian tersebut, Galaxy S24 Ultra juga menjadi ponsel Android paling laris di dunia. Tak hanya itu, performa ponsel flagship Samsung tahun ini terbilang lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya. 

Di mana tahun lalu hanya ada Galaxy S23 Ultra yang berhasil masuk dalam daftar ini. Tahun ini ada Galaxy S24 Ultra dan Galaxy S24 yang berada di posisi sembilan.

Dalam laporan Counterpoint, kesuksesan Galaxy S24 series dipengaruhi oleh dua faktor utama yaitu peluncuran yang lebih cepat dan kehadiran teknologi kecerdasan buatan (AI) generatif yang ditawarkan Galaxy AI.

Sisanya diisi oleh ponsel kelas menengah dari Samsung. Ada Galaxy A15 5G di posisi enam, Galaxy A54 di posisi tujuh, dan Galaxy A34 di posisi 10. 

Gimana menurut Sobat Youtz, Sobat lebih suka iPhone Series atau masih setia dengan android?


(Frq/Tra)


Tags

tag_fill_round [#1176] Created with Sketch.
HP Ponsel Pintar iPhone Android Samsung