Usai Tak Jadi Ibu Kota Lagi, Jakarta Akan Disulap Menjadi New York dan Melbourne

Minggu, 24 Maret 2024

Penulis: Ayu Wandira

image-berita
Foto: Urban (Freepik)

Travel - Sobat Youtz pasti udah tau kalau ibu kota Indonesia akan segera pindah ke Nusantara di Kalimantan Timur atau yang lebih dikenal Ibu Kota Nusantara (IKN).

Melalui keputusan Presiden Jokowi, Jakarta akan kehilangan statusnya sebagai Ibu Kota sehingga tidak lagi menyandang Daerah Khusus Ibukota (DKI).

Selain itu, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, juga mengungkapkan bahwa pemerintah berencana mengubah kota Jakarta menjadi New York-nya Amerika atau Sydney, Melbourne nya-Australia selepasnya status DKI pada Jakarta.

Hal tersebut dikarenakan setelah dipindahkannya Ibukota, Jakarta akan diarahkan menjadi pusat perekonomian, jasa, hingga perbankan sehingga akan menjadi kota bisnis seperti di New York dan Melbourne.

"Kita ingin agar kota Jakarta jadi salah satu pusat utama dibidang perekonomian, jasa, perbankan dan lain-lain. Intinya kira-kira seperti New York-nya Amerika atau Sydney, Melbourne-nya Australia," ucap Tito dilansir dari ayobandung.com.

Selain itu, Tito memastikan kedepannya Jakarta akan dibangun menjadi kota Internasional yang tidak hanya bersaing di kota-kota besar kawasan ASEAN, melainkan juga bersaing dengan kota-kota skala Internasional.

Awalnya, pembangunan Jakarta setelah melepaskan diri sebagai Ibukota direncanakan untuk dibangun sebagai kota megapolitan.

Hal tersebut hendak diwujudkan dengan menggabungkan beberapa kota satelit disekitarnya seperti Depok, Bogor, Tangerang, dan Bekasi.

Namun, hal tersebut sempat menjadi permasalahan karena kota-kota tersebut memiliki permasalahan yang sama dengan Jakarta seperti banjir, lalu lintas padat, sampai dengan polusi udara.

Pada akhirnya, rencana ini tidak dapat diwujudkan karena akan banyak mengubah undang-undang (UU) yang ada.


(Ayw/Tcn)


Sumber
https://www.ayobandung.com/umum/7912144095/jakarta-akan-disulap-seperti-new-york-dan-melbourne-usai-ibu-kota-pindah-mendagri-akan-jadi-kota-internasional?page=2&_gl=1*cazo7p*_ga*b2l3aC1aeHVwX1JyVzBHZ1Fjd2VxLWRkM09CMWdjUTJwUjFGS2dDS3B3azk2dHJnQWVfaUZCWkdJRlFtcTc4Nw.. 

https://linggaupos.disway.id/read/660878/ibu-kota-pindah-jakarta-mau-disulap-kayak-new-york-dan-melbourne 

Tags

tag_fill_round [#1176] Created with Sketch.
IKN Jakarta Indonesia Ibukota