Peringatan Apple Mengenai iPhone yang Ditaruh Dalam Beras

Rabu, 28 Februari 2024

Penulis: Himmatul Aliyah

image-berita
foto: iPhone dalam beras (source by: Javasiana)

Teknologi - Sobat youtz, pasti diantara kita pernah mengalami hal ini bukan? Saat ponsel terendam air, biasanya kita langsung mendapatkan saran untuk memasukkannya ke dalam beras.

Beras bersifat hygroscopic atau mudah menyerap kelembapan sehingga metode pengeringan ponsel ketika terendam air yang satu ini kerap digunakan masyarakat.  

Cara tradisional tersebut seperti sudah menjadi tradisi dalam masyarakat, meski hal tersebut tidak menyelesaikan masalah sepenuhnya. 

Lantas, apakah cara tersebut memang efektif dalam menyelesaikan permasalahan ponsel yang terendam air?

Dikutip dari The Verge, dalam dokumen dukungan Apple, kita dilarang untuk memasukkan iPhone ke dalam sekantong beras. Pasalnya, melakukan hal itu dapat menyebabkan partikel kecil beras merusak iPhone.

Disarankan pula untuk tidak menggunakan sumber panas eksternal, seperti pengering rambut.  Selain itu, juga hindari memasukkan kapas atau tisu ke dalam port pengisian daya.

Hal ini dikarenakan dapat memungkinkan keduanya tersangkut ke dalam sehingga menghalangi air keluar dari iPhone.

Ketika iPhone kontak dengan air, pengguna bisa mendapatkan peringatan deteksi cairan di iPhone. Ini berarti, masih terdapat cairan di dalam iPhone. 

Berikut saran langkah yang bisa dilakukan berdasarkan dokumen dukungan Apple: 

    1. Tempelkan iPhone ke tangan dengan konektor mengarah ke bawah. 
    1. Taruh iPhone di tempat yang memiliki aliran udara yang baik hingga kering dan tunggu 30 menit sebelum mengisi dayanya.
    1. Jika peringatan masih muncul,  biarkan iPhone dan tunggu saja. Agar benar-benar kering diperlukan waktu hingga 24 jam.
    1. Jika iPhone sudah kering namun tetap tidak bisa mengisi daya, maka cabut kabel pengisi daya dan coba sambungkan kembali.

Nah, sobat youtz! Apakah kalian akan tetap menggunakan cara tradisional dengan memasukkan iPhone ke dalam beras atau mengikuti petunjuk dari Apple? 


(hmmtl/pndh)

Tags

tag_fill_round [#1176] Created with Sketch.
Peringatan Apple iPhone dalam beras Bolehkah iPhone ditaruh dalam beras