Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Jika Berkunjung ke Antartika

Jumat, 16 Februari 2024

Penulis: Ayu Wandira

image-berita
Foto: Ilustrasi Antartika (Freepik)

Travel - Antartika berada pada bumi bagian selatan tepatnya di kutub selatan dan merupakan benua terdingin sehingga tidak ada populasi kehidupan manusia disana. 

Hal tersebut karena suhu di antartika bisa mencapai -85 sampai -95 derajat celcius sehingga kecil kemungkinan manusia bisa bertahan hidup tanpa peralatan dan persiapan. 

Walaupun demikian, bukan berarti Antartika tidak bisa dikunjungi. Biasanya, turis dan peneliti mengunjungi Antartika saat musim panas ketika air laut menyusut untuk melakukan penelitian atau sekedar ingin merasakan hidup di benua terdingin Bumi.

Sobat youtz tahu tidak, selain menjadi benua terdingin, Antartika juga merupakan benua tertandus, berangin kencang, dan elevasi tinggi.

Selain itu, Antartika juga menjadi satu-satunya benua yang tidak memiliki zona waktu. Hal itu dikarenakan matahari tidak pernah terlintas di Kutub Selatan sehingga membuat para peneliti menggunakan zona waktu negara asalnya ketika berada di sana. 

Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika sobat youtz ingin berlibur ke Benua Antartika. Yuk simak apa saja peraturan yang tidak boleh dilanggar selama berada di Antartika!

Dilarang Menginjak Lumut

Antartika ternyata tidak hanya memiliki es dan salju pada permukaannya, lho. Terdapat juga lumut yang merupakan salah satu flora di Antartika dan dilindungi keberadaannya.

So, Kalau sobat you sedang berkunjung ke Antartika jangan sampai menginjak lumut ya!

Membawa Hama

Dalam bentuk menjaga ekosistem flora dan fauna agar tetap terjaga seseorang yang datang ke Antartika harus melakukan pembersihan pada barang-barang yang akan dibawa ke sana. 

Selain itu, akan dilakukan juga dekontaminasi terlebih dahulu pada jaket dan sepatu boot. 

Jangan Sentuh Pinguin ataupun Mengganggu Lumba-Lumba

Siapa yang tidak gemas dengan burung unik dan mamalia laut yang satu ini. Pastinya sobat youtz sangat ingin menyentuhnya ataupun bermain bersamanya bak di kebun binatang.

Namun, sayangnya, kedua fauna tersebut termasuk dalam kategori dilindungi sehingga ketika sobat bertemu mereka, jangan sekali-kali sentuh dan cukup dilihat dari jauh saja, ya.

Membantu Paus Terjerat Jaring

Walaupun pengunjung dilarang untuk melakukan pendekatan pada flora dan fauna yang ada di Antartika, tetapi jika menemukan paus yang terjerat jaring pengujung sangat diperbolehkan untuk membantu melepaskannya .

Dilarang Mengambil Apapun

Sama dengan negara lain, di Antartika pun tidak diizinkan untuk mencuri, khususnya peralatan penelitian karena benda tersebut cukup sering dijumpai di sana. 

Dilarang Merokok

Meskipun dikelilingi es dan air, Antartika termasuk pada benua yang memiliki kelembaban cukup kering sehingga pengunjung dilarang untuk merokok di sana karena penyebaran api akan cepat.

Nah, gimana nih sobat youtz, kira-kira ada nggak ya yang tertarik berkunjung ke Benua Antartika? 


(Ayw/Tcn)

Tags

tag_fill_round [#1176] Created with Sketch.
antartika travel benua terdingin