Daftar Harga Tiket Kereta Cepat Whoosh Terbaru

Kamis, 1 Februari 2024

Penulis: Ayu Wandira

image-berita
Foto: Kereta Whoosh (shutterstock)

Travel – Sobat youtz sudah tahu belum bahwa mulai tanggal 3 Februari 2024 harga tiket kereta cepat Whoosh kelas premium ekonomi menjadi Rp. 150 ribu. Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) menerapkan skema dynamic pricing untuk memberikan harga hemat pada penumpang kereta cepat Whoosh.

Tarif Whoosh kelas premium ekonomi berkisar Rp. 150 ribu, Rp. 175 ribu, Rp. 200 ribu, Rp. 225 ribu hingga Rp. 250 ribu. Tiket sendiri bisa dipesan melalui saluran resmi seperti aplikasi Whoosh, situs ticket.kcic.co.id, Ticket Vending Machine, loket resmi di stasiun, serta aplikasi mitra seperti Access by KAI, Livin by Mandiri, BRImo, dan BNI Mobile Banking.

Selain itu, pada 27 Januari 2024 KCIC mencatat 1,5 juta orang menggunakan Whoosh dengan rata-rata okupansi saat ini berkisar sekitar 60% sampai dengan 80%.

General Manager Corporate Secretary PT Kereta Cepat Indonesia China, Eva Chairunisa, mengatakan pada skema ini memungkinkan dalam satu hari ada tarif yang berbeda dalam perjalanan Whoosh.

Faktor yang menyebabkan tarif Whoosh bisa berbeda-beda antara lain, jam sibuk (peak hour) atau jam non sibuk (off peak hour), momen liburan (high season) atau non liburan (low season), hari kerja ataupun akhir pekan.

Pada high season atau peak hour tarif yang dibanderol lebih mahal, sebaliknya pada low season atau off peak hour tarif yang dibanderol lebih murah. Penumpang diberi alternatif berbeda-beda agar bisa menyesuaikan kebutuhan, keinginan dan daya belinya.

Selain itu, saat ini KCIC juga telah bekerja sama dengan 12 destinasi wisata, kuliner dan penginapan yang ternama di wilayah Bandung. Kerja sama ini memberikan promo gratis tiket masuk atau diskon bagi masyarakat yang memiliki tiket Whoosh.

Diantara 12 destinasi tersebut yang bekerja sama dengan promo Free Entry adalah Dusun Bambu, Farmhouse, Floating Market, The Great Asia Afrika, Tepi Danau, Tepi Kota Healing, The Lodge Maribaya & Fairy Garden Bandung, Dago Dream Park dan Papa Dino.

Lalu, terdapat Baker Street Resto cabang Cimandiri, beragam restoran The Lodge Maribaya & Fairy Garden Bandung, serta The Lodge Camp & Village dari Stasiun Bandung untuk destinasi wisata yang menawarkan promo diskon hingga 20% jika menggunakan tiket Whoosh.

Dalam hal ini, KCIC terus berupaya dan mengevaluasi agar masyarakat mau beralih menggunakan transportasi umum yang ramah lingkungan sehingga mengurangi kemacetan dan polusi udara  yang ditimbulkan dari kendaraan jalan raya.

 

(Ayw/Tcn)

 

Sumber:
https://www.cnbcindonesia.com/news/20240129104709-4-509755/tarif-baru-ka-cepat-whoosh-mulai-3-februari-paling-murah-rp-150-ribu/amp  
https://news.detik.com/berita/d-7166107/catat-daftar-harga-tiket-kereta-cepat-whoosh-mulai-3-februari  

Tags

tag_fill_round [#1176] Created with Sketch.
whoosh tiket terbaru diskon harga tiket