CIA, Badan Intelijen Pusat AS yang Pernah Mengalami Pencurian Informasi

Jumat, 9 Februari 2024

Penulis: Himmatul Aliyah

image-berita
foto: CIA (hpu.id)

TEKNOLOGI – Sobat Youtz! Siapa sangka, ternyata badan intelijen pusat milik AS atau CIA pernah mengalami kebocoran informasi rahasia. 

Sebelum membahas lebih jauh, mari kita ketahui lebih dulu apa itu CIA dan tugas vitalnya bagi pemerintah AS. 

CIA (Central Intelligence Agency) adalah badan intelijen terkemuka milik pemerintah AS yang bertugas mengumpulkan dan menganalisis intelijen asing, serta melakukan tindakan rahasia. 

Selain itu, informasi intelijen dari CIA digunakan pemerintah AS untuk memutuskan kebijakan dalam menjaga keamanan negara. 

Nah, sudah tahu kan seberapa vitalnya peran CIA ini bagi pemerintah Amerika Serikat. Lantas, bagaimana kebocoran informasi ini bisa terjadi?

Kebocoran ini terjadi karena pencurian informasi rahasia yang dilakukan oleh mantan insinyur perangkat lunak CIA, Joshua Schulte. 

Dilansir dari The New York Times, jaksa mengatakan bahwa Schulte mencuri informasi rahasia tersebut sebagai pembalasan karena kegagalannya dalam  menanggapi keluhan atas manajemennya saat masih menjadi pegawai CIA. 

Kebocoran informasi ini dikenal sebagai kebocoran Vault 7. WikiLeaks sebagai sebuah laman internet yang mengumpulkan materi informasi yang bersifat rahasia berhasil mendapat informasi mengenai CIA dari Schulte.

Kapan hal ini terjadi? Yaitu pada bulan Maret 2017. WikiLeaks berhasil mengumpulkan dan membagikan informasi ke publik mengenai bagaimana cara CIA meretas ponsel pintar dalam operasinya di luar negeri. 

Selain itu, juga terkait upaya CIA dalam mengubah televisi yang terkoneksi dengan internet menjadi perangkat pendengar. 

Kemudian dilansir dari Reuters, Schulte dijatuhi hukuman pada bulan Juli 2022 atas empat dakwaan masing-masing mengenai spionase dan peretasan komputer, serta satu dakwaan berbohong kepada agen FBI. 

Ia dijatuhi hukuman 40 tahun penjara dan kejadian ini menjadi pencurian informasi rahasia terbesar sepanjang sejarah CIA. 

Nah, bagaimana Sobat Youtz? Menarik bukan?  

 

(hmmtl/pndh)

Tags

tag_fill_round [#1176] Created with Sketch.
CIA Badan Intelijen AS Pencurian Data