Admin Social Media dan Social Media Specialist Bedanya Apa Yah?

Kamis, 30 November 2023

Penulis: Fildzah Izzati Ishmah

image-main-content
Ilustrasi: Creative Art

Edukasi - Sobat Youtz, kita seringkali memahami bahwa pekerjaan manajemen social media, mulai dari proses penyusunan perencanaan konten, design, mengunggah konten, copywriting, dan lain sebagainya merupakan tugas satu divisi saja yang mengelola suatu social media. 

Padahal ada beberapa divisi khusus yang mengelola jobdesk-jobdesk tersebut. Misalnya saja Social Media Admin dan dan Social Media Specialist, pada dasarnya kedua divisi atau posisi ini memiliki job desk dan tanggung jawab yang berbeda dalam proses pengelolaan social media dan produksi konten. 

Mau tau spesifikasi pembagian jobdesk keduanya? yuk, kita bahas! 

Social Media Admin Seorang social media admin secara umum mengelola akun social media, dan tugas admin social media biasanya akan disesuaikan dengan perusahaan dan organisasi masing-masing. 

Tapi secara umum berikut tugas yang dimiliki oleh seorang admin social admin; 

Tim Eksekusi Hasil Analisis Tim produksi Konten dan Socmed Specialist
Sebagai tim yang menghandle akun social media, maka seorang admin harus pro aktif menjalankan arahan-arahan dan hasil analisis seorang social media specialist, mengenai interaksi bagaimana yang harus dilakukan dengan para audience, konten dan gaya respon seperti apa yang harus diterapkan di akun sosmed. 

Mengunggah Konten sesuai Timeline
Seorang admin sosmed juga bertugas untuk mengunggah konten, baik di feed, story, reels, twitter, dan platform lainnya sesuai dengan waktu dan timeline yang ditentukan.

Berinteraksi Dengan Audience
Seorang admin harus pro aktif membalas dm/pesan masuk, membalas komentar, membuat dan memaksimalkan fitur-fitur menarik di akun social media, yang mampu meningkatkan engagement.

Social Media Specialist 

Apabila Social media admin sebagai tim eksekusi dan mengunggah hasil analisis serta output konten dari para tim production, maka social media specialist adalah tim analisis dan perencana. 

Secara umum, berikut tugas seorang social media specialist; 

Content Planner
Social Media Specialist bertugas untuk menyusun perencanaan mengenai model, tipe, substansi, dan sentuhan apa yang hendak dihasilkan dan ditampilkan oleh tim production (designer grafis, video editor, copywriter, dll). 

Oleh karena itu socmed specialist memerlukan kemampuan riset serta analisis yang visioner untuk membuat perencanaan-perencanaan. 

Social Media Strategist and analyst
Selain membuat perencanaan, seorang socmed specialist juga harus memantau dan mengikuti algoritma socmed beserta trennya untuk mengetahui strategi apa yang hendak disusun dalam proses produksi dan menampilkan konten yang menarik serta sesuai sasaran audience.

Monitor dan evaluasi
Melakukan monitoring dan menganalisis performa akun dan konten dengan melihat metrics-nya. Analisis ini dibutuhkan untuk mengukur keberhasilan target tiap konten atau campaign yang sudah dieksekusi sebelumnya.

Bagaimana Sobat Youtz? sekarang sudah paham kan perbedaan antara socmed admin dan socmed specialist? Namun perlu juga diketahui bahwa berbeda perusahaan maupun lembaga, maak akan ada perbedaan-perbedaan lain mengenai pemahaman dan pembagian jobdesk.

 

(Fli/Frq)

Tags

tag_fill_round [#1176] Created with Sketch.

Berita terkait