Kabar Baik Bagi UMKM, TikTok Shop Bakal Beroperasi Lagi

Minggu, 05 November 2023

Penulis: Faruq Bytheway

image-main-content
Ilustrasi: Freepik.

Finance - Kabar baik sekaligus menggembirakan datang kepada para Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Bagaimana tidak, TikTokShop bakal beroperasi kembali. 

TikTok Shop dikabarkan bakal kembali beroperasi sebagai e-commerce di Indonesia namun dengan bergabung bersama PT Gojek Tokopedia Tbk (GOTO). 

Pelaku UMKM pun mengaku gembira bila TikTok Shop kembali karena telah mampi mendongkrak penjualan lebih tinggi ketimbang platform lainnya. 

“UMKM pasti senang karena mereka sudah nyaman dengan cara jualan di TikTok Shop, durasinya panjang. Banyak fitur-fitur menghibur, itu yang bikin orang dapat pasar lebih besar dari pada live shopping di platform lain seperti Lazada, Tokopedia, dan Shopee,” kata Ketua Asosiasi UMKM Indonesia (Akumandiri), Hermawati Setyorinny, Sabtu (4/11/2023). 

Lebih lanjut, Hermawati telah mengetahui ihwal TikTok Shop yang diisukan akan merger dengan GOTO. Menurutnya, apapun bentuknya nanti, pelaku UMKM tetap menyambut positif platform digital karena bermanfaat untuk mempermudah penjualan. 

Tak hanya itu, ia menerangkan, kehadiran platform toko online berangkat juga dari kemalasan konsumen untuk menghabiskan waktu dalam berbelanja di toko konvensional. 

Oleh karena itu, muncul teknologi digital yang mempermudah konsumen berbelanja hanya dengan membuka ponsel dari tempat tidur. 

Hal itu, yang semestinya ditangkap oleh pelaku UMKM saat ini untuk mengembangkan usahanya dengan perluasan jangkauan pasar. 

Sebagai informasi, kabar rencana merger dua platform tersebut mulanya muncul dari Analis Maybank Sekuritas, Etta Rusdiana Putra dalam laporannya yang diterbitkan pada 17 Oktober 2023 lalu. 

Ia mengatakan, TikTok Shop memerlukan lisensi e-commerce setelah pemerintah secara efektif melarang integrasi vertikal antara media sosial dan platform e-commerce pada akhir September lalu. 

Namun, menurutnya, TikTok akan berupaya untuk terus memperluas bisnis e-commercenya-nya karena Indonesia adalah pasar yang menguntungkan dan ada tiga strategi yang bisa diterapkan. 

Yakni berkolaborasi dengan platform yang sudah ada, membangun platform e-commerce sendiri, dan mengakuisisi pemain yang sudah ada. 

“Media lokal berspekulasi bahwa TikTok Shop akan kembali hadir di Indonesia pada 10 November 2023 (Hari Pahlawan Indonesia,” tulisnya.

 

(Frq/Tra)

Tags

tag_fill_round [#1176] Created with Sketch.

Berita terkait