TikTok x Tokopedia, Akankah Menjadi Kolaborasi yang Strategis dan Menguntungkan?
Kamis, 01 Februari 2024
Penulis: Himmatul Aliyah
TEKNOLOGI – TikTok akhirnya menjalin kerja sama dengan PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk.
Pada 11 Desember 2023, TikTok resmi menggelontorkan modal US$1,5 miliar atau setara dengan 23,4 triliun Rupiah ke PT Tokopedia. Dengan ini, TikTok menguasai 75,01 persen saham PT Tokopedia.
Momentum ini juga menandakan kembalinya TikTok Shop di Indonesia, di mana pembukaannya dilakukan pada hari belanja online nasional (Harbolnas) pada 12 Desember 2023.
Keduanya meluncurkan kampanye “Beli Lokal” dengan menghadirkan sejumlah promosi produk lokal untuk mendukung produk dari UMKM.
Selain itu, dengan kerja sama ini PT Tokopedia berwenang mengoperasikan dan mengelola fitur layanan belanja TikTok Indonesia.
Kolaborasi antara TikTok dan Tokopedia juga akan meluncurkan program lanjutan untuk mendukung dan meningkatkan potensi UMKM.
Hal ini disampaikan Melissa Siska Juminto selaku Presiden Tokopedia dilansir dari kompas.com,
“Melalui program ini, kami juga akan mendorong pengembangan keahlian dan sumber daya, mulai dari hulu dari tahap produksi, hingga hilir yaitu tahap penjualan,” ujarnya.
Direktur Eksekutif E-commerce TikTok Indonesia, Stephanie Susilo mengungkapkan alasannya menjalin kolaborasi dengan Tokopedia.
Hal ini dikarenakan Tokopedia ikut andil dalam mendukung pertumbuhan UMKM, sehingga hal ini sesuai dengan visi dan misi TikTok Indonesia.
“Kami punya visi dan misi yang sama untuk menjunjung tinggi produk lokal, UMKM lokal, dan kreator-kreator di Indonesia,” ujarnya.
Hasil kolaborasi ini diharapkan dapat membantu pelaku UMKM Indonesia dalam melakukan promosi produk lokal dengan memanfaatkan berbagai fitur di platform milik TikTok dan Tokopedia.
Karena kerja sama antara TikTok dan Tokopedia masih baru diluncurkan, maka perlu adanya waktu untuk transisi. Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan mengatakan,
“Ini kan teknologinya tinggi, perlu tiga sampai empat bulan mereka semacam percobaan, trial, and error. Dan diminta juga utamakan produk-produk lokal. Nanti hasil kerja sama itu seperti apa kita nilai.”
“Nanti kita audit, kita lihat nanti seperti apa,” tambahnya.
Menarik untuk dinanti! Menurut Sobat Youtz, apakah kolaborasi antara TikTok dan Tokopedia memang dapat menjadi proyek strategis dan menguntungkan UMKM atau bahkan sebaliknya?
(hmmtl/pndh)
Tags
Berita Populer
#1
#2
#3
#4
#5
#6
#7
#8
#9
#10
Berita terkait
Teknologi - Kecanggihan teknologi yang tak terbendung dan dinikmati oleh semua penduduk bumi saat ini, tentu tak ...
TechKamis, 10 Oktober 2024
Teknologi - Hampir satu dekade ini, Artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan menjadi primadona bagi ka...
TechKamis, 27 Juli 2023
Teknologi — Kamu memang harus pandai memandang arus perubahan zaman. Semakin hebatnya teknologi, secara...
TechKamis, 20 Juli 2023
Finance - Sebanyak 450 karyawan Bytedance dikabar resmi diputus kerjanya alias di Pemutusan Hubungan Kerja (PHK)....
TechJumat, 14 Juni 2024
Teknologi - Sebagai induk dari perusahaan Google, Alphabet harus menyetujui untuk membayar denda sebesar USD 350 ...
TechSenin, 12 Februari 2024
Teknologi - Baru-baru ini dunia Teknologi Informasi mengalami guncangan yang sangat dahsyat, bahkan kejadian te...
TechSelasa, 23 Juli 2024
Teknologi - Kabar kurang mengenakkan datang dari salah satu startup edutech Zenius yang mengumumkan berhenti bero...
TechJumat, 05 Januari 2024
Teknologi - Sebuah suku di pedalaman Amazon, Suku Marubo akhirnya dapat menikmati akses internet berkat Starlink....
TechRabu, 05 Juni 2024
Teknologi - Menurut Pratama Persadha, Ketua Lembaga Penelitian Keamanan Siber Indonesia, serangan siber terhadap ...
TechRabu, 26 Juni 2024