TikTok x Tokopedia, Akankah Menjadi Kolaborasi yang Strategis dan Menguntungkan?

Kamis, 01 Februari 2024

Penulis: Himmatul Aliyah

image-main-content
foto: TokopediaXTiktok

TEKNOLOGI – TikTok akhirnya menjalin kerja sama dengan PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. 

Pada 11 Desember 2023, TikTok resmi menggelontorkan modal US$1,5 miliar atau setara dengan 23,4 triliun Rupiah ke PT Tokopedia. Dengan ini, TikTok menguasai 75,01 persen saham PT Tokopedia. 

Momentum ini juga menandakan kembalinya TikTok Shop di Indonesia, di mana pembukaannya dilakukan pada hari belanja online nasional (Harbolnas) pada 12 Desember 2023. 

Keduanya meluncurkan kampanye “Beli Lokal” dengan menghadirkan sejumlah promosi produk lokal untuk mendukung produk dari UMKM.

Selain itu, dengan kerja sama ini PT Tokopedia berwenang mengoperasikan dan mengelola fitur layanan belanja TikTok Indonesia.

Kolaborasi antara TikTok dan Tokopedia juga akan meluncurkan program lanjutan untuk mendukung dan meningkatkan potensi UMKM. 

Hal ini disampaikan Melissa Siska Juminto selaku Presiden Tokopedia dilansir dari kompas.com, 

“Melalui program ini, kami juga akan mendorong pengembangan keahlian dan sumber daya, mulai dari hulu dari tahap produksi, hingga hilir yaitu tahap penjualan,” ujarnya. 

Direktur Eksekutif E-commerce TikTok Indonesia, Stephanie Susilo mengungkapkan alasannya menjalin kolaborasi dengan Tokopedia.

Hal ini dikarenakan Tokopedia ikut andil dalam mendukung pertumbuhan UMKM, sehingga hal ini sesuai dengan visi dan misi TikTok Indonesia.

“Kami punya visi dan misi yang sama untuk menjunjung tinggi produk lokal, UMKM lokal, dan kreator-kreator di Indonesia,” ujarnya.

Hasil kolaborasi ini diharapkan dapat membantu pelaku UMKM Indonesia dalam melakukan promosi produk lokal dengan memanfaatkan berbagai fitur di platform milik TikTok dan Tokopedia.

Karena kerja sama antara TikTok dan Tokopedia masih baru diluncurkan, maka perlu adanya waktu untuk transisi. Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan mengatakan, 

“Ini kan teknologinya tinggi, perlu tiga sampai empat bulan mereka semacam percobaan, trial, and error. Dan diminta juga utamakan produk-produk lokal. Nanti hasil kerja sama itu seperti apa kita nilai.”

“Nanti kita audit, kita lihat nanti seperti apa,” tambahnya.

Menarik untuk dinanti! Menurut Sobat Youtz, apakah kolaborasi antara TikTok dan Tokopedia memang dapat menjadi proyek strategis dan menguntungkan UMKM atau bahkan sebaliknya?  

 

(hmmtl/pndh)

Tags

tag_fill_round [#1176] Created with Sketch.

Berita terkait