Launching Kampus Digital, USU Perkenalkan 9 Aplikasi Layanan Tri Dharma

Rabu, 21 Februari 2024

Penulis: Himmatul Aliyah

image-berita
Foto: Universitas Sumatera Utara (YouTube)

Teknologi - Acara launching kampus digital USU dipimpin oleh Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Prof. Dr. Muryanto Amin S.Sos., M.Si.

Dalam kegiatan tersebut beliau memperkenalkan 9 aplikasi yang nantinya digunakan untuk memudahkan layanan Tri Dharma di USU. 

Tak hanya itu, acara ini juga disertai dengan aktivitas lain, yaitu kegiatan olahraga lari dengan mengusung tema “USU Run Bareng Rektor” mulai dari pelataran Auditorium USU dan berakhir di Gedung Pancasila pada Sabtu, 17 Februari 2024.

Selama 3 tahun kepemimpinannya di USU,  Rektor USU menyampaikan rasa terima kasih kepada guru besar, dosen, dan pimpinan satuan kerja yang telah bekerja dengan ikhlas dan tulus dalam mewujudkan cita-cita bersama.

Rektor USU juga menyampaikan bahwa kebersamaan tidak selalu harus melalui kegiatan formal.  Tetapi juga dapat melalui kegiatanmenyenangkan, namun tetap mengandung pesan motivasi dan semangat bagi warga universitas. 

Selain itu, Sekretaris Dewan Guru Besar USU, Prof. Dr. Tamrin, MSc mengatakan bahwa mahasiswa diharapkan dapat menghasilkan karya ilmiah untuk dipublikasikan di jurnal internasional.

Beliau juga menyinggung soal laboratorium yang dapat lebih dikembangkan untuk mendukung kemajuan dosen dan mahasiswa.

Berikut daftar 9 aplikasi yang diciptakan, diantaranya adalah:

  • Sistem informasi kertas kerja RKA, yang menjadi sistem pendukung Rencana Kerja Anggaran USU setiap satuan kerja.
  • Konten web USU, yang memberikan informasi secara efektif kepada publik melalui platform web sebagai sarana edukasi.
  • Layanan Administrasi Universitas (LARAS), yang mewujudkan program kerja Rektor melalui Direktorat Digitalisasi dan Integrasi Sistem Bersama Biro Sumber Daya Manusia.
  • Manajemen Evaluasi Kinerja Aparatur (MEKAR) USU, yang digunakan untuk mencatat perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan umpan balik dari kinerja seorang pegawai dalam satu periode penilaian.
  • Sistem Informasi Layanan Administrasi (SILA), yang mengedepankan kecepatan layanan dan kekurangan output.
  • Sistem informasi pendampingan penulisan karya ilmiah dan pengusulan hak kekayaan intelektual (SILIPIHKI), dikembangkan untuk mengakomodir kebutuhan pendampingan penulisan karya ilmiah.
  • Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) USU, yang dirancang untuk dapat menjamin mutu gelar akademik yang diberikan.
  • Forum Informasi dan Komunikasi Akademik (FIONA) yang menjadi Forum Diskusi Digital (E-Forum) berbasis website.
  • Sistem Informasi Penatakelolaan Aset Tetap dan Logistik Terintegrasi (SIKALISTA), yang menjadi pencatatan, pendistribusian, pemeliharaan, penghapusan hingga pelaporan terkait seluruh aset yang berada di lingkungan USU.


Sumber: https://www.usu.ac.id/



(hmmtl/pndh)

Tags

tag_fill_round [#1176] Created with Sketch.
USU Kampus Digital Aplikasi Layanan Tri Dharma USU Universitas Sumatera Utara