Israel Bungkam Usai DK-PBB Setujui Gencatan Senjata untuk Palestina

Selasa, 11 Juni 2024

Penulis: Faruq Bytheway

image-berita
Foto: Sidang DK PBB (ANTARA).

News - Israel tak berkutik setelah mendengar keputusan Dewan Kehormatan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK-PBB) yang mendukung gencatan senjata untuk Palestina.

Perwakilan dari Israel nampak terkesan menghindari untuk berkomentar soal resolusi terbaru yang disetujui tersebut.

Diketahui, DK-PBB menyetujui isi dukungan proposal gencatan senjata antara Tel Aviv dan Hamas di Jalur Gaza pada waktu setempat, Senin (10/6). 

Dari para perwakilan negara yang hadir, total14 negara anggota Dewan Keamanan PBB memberikan suara dukungan untuk resolusi yang isinya mendukung proposal gencatan senjata tiga fase yang diajukan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden pada 31 Mei lalu. 

Hanya Rusia saja yang menyatakan abstain dalam forum tersebut. Lebih lanjut, Biden menggambarkan proposal tersebut sebagai inisiatif Israel. 

Setelah voting resolusi digelar oleh Dewan Keamanan PBB, Duta Besar AS untuk PBB Linda Thomas-Greenfield mengatakan "hari ini kami memilih perdamaian" dengan memberikan suara dukungan. 

Di sisi lain, dilansir Times of Israel dan Reuters, Selasa (11/6/2024), resolusi yang disetujui oleh Dewan Keamanan PBB itu pada intinya menyambut baik proposal gencatan senjata terbaru dan menyatakan bahwa Israel telah menerima proposal itu, dan mendesak Hamas juga untuk juga menyetujuinya.

"Mendesak kedua belah pihak untuk sepenuhnya melaksanakan persyaratannya tanpa penundaan dan tanpa syarat," demikian bunyi penggalan draf resolusi tersebut. 

Tak hanya itu, resolusi tersebut juga merinci soal proposal gencatan senjata tiga fase, dan menyatakan bahwa "jika perundingan memakan waktu lebih dari enam pekan untuk tahap pertama, gencatan senjata akan tetap berlanjut selama perundingan berlangsung".


(Frq/Tra)

Tags

tag_fill_round [#1176] Created with Sketch.
Israel DK PBB Palestina